SPACE PANJANG

 




PALOPO --- Puluhan Siswa Penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Gugus Sehati di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, merayakan kemerdekaan  Republik Indonesia ke-74, Jumat (16/08/2019).

Sedikitnya 43 siswa secara bergantian yang terdiri dari penyandang Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa  dan Tuna Grahita mengikuti lomba dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Kepala Sekolah SLB Gugus Sehati Kota Palopo, Hj Suhati, mengatakan pihaknya sengaja melakukan lomba dalam memeriahkan peringatan hari kemerdekaan karena mereka di lingkungan tempat tinggalnya tidak terliibat untuk ikut dalam merayakan hari kemerdekaan.

“Kami melibatkan mereka untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan RI ke-74, agar mereka merasakan perayaan tersebut sama dengan rekan-rekan mereka di luar sekolah SLB, dengan mengikuti lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba lari karung, dan lomba memindahkan tepung,” kata Suhati, saat dikonfirmasi di sekolah SLB, Jumat.

Menurutnya, lomba yang digelar selain memperkenalkan semangat juang kemerdekaan bagi pelajar penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus, juga menambah kepercayaan diri.

“Mereka terlihat senang, antusias dan berupaya meraih juara lomba dengan penuh suka cita,” ucapnya.

Selain mengikuti perlombaan, siswa lainnya memberikan hiburan dengan memainkan musik dan menari agar rekan-rekannya dapat terhibur.

“Karena ada fasilitas seni seperti Orgen, Gitar dan lain-lain, jadi mereka sudah biasa dilatiih dan itu sesuai baktnya masing-masing,” ujarnya.(*)

Previous Post Next Post