Festival Danau Poso ke-21 Digelar, Pemda Poso Dongkrak Wisatawan Mancanegara

Peserta Deville FDP dari 19 Kecamatan di Poso


POSO - Festival Danau Poso (FDP) ke-21 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-12 secara resmi terlaksana di anjungan Danau Poso, kota Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba, pada Senin (26/08/2019).

Kegiatan FDP dan FBD merupakan agenda tahunan di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso bersama Pemerintah Provinsi  Sulawesi Tengah. 


Pembukaan Festival FPD dan FBD di Kota Tentena, ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri, setelah Festival tersebut dinantikan warga oleh karena sempat tertunda setahun.

Kegiataan  diawali dengan penampilan devile yang diikuti 19 Kecamatan dan diiringi oleh Marching Band Gita Praja Poso serta atraksi kesenian berupa pagelaran tarian-tarian budaya lsetempat.

Bupati Poso Darmin Sigilipu mengatakan, jika pada tahun 2018 penyelenggaraan FDP batal dilaksanakan karena peristiwa gempa dan tsunami yang melanda Sulteng, namun tahun 2019 kembali digelar, sehingga pada tahun ini Pemda Poso bertekad melaksanakan FDP dapat mendongkrak arus kunjungan pariwisata yang lebih banyak lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Perhelatan FDP dari tahun ke tahun juga berhasil meyakinkan dunia luar bahwa Poso saat ini bukanlah Poso yang dulu, tetapi Poso yang memiliki harapan baru dengan masyarakatnya yang begitu ramah dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke tanah Poso," katanya.

Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Prov. Sulteng, Fahrudin menyampaikan, ucapan apresiasi kepada Pemda Poso yang telah berupaya menyukseskan acara FDP dan FBD Poso tahun 2019.

Pihaknya berharap kepada semua pihak yang terlibat didalam menyukseskan acara FDP agar selalu mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga kedepan acara ini benar-benar terlaksana dengan sarat makna untuk menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang bertaraf internasional.

Pembukaan kegiatan dilakukan Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Sekertaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementrian Pariwisata RI, Ratna Suranti.

FDP ke 21 dan FBD ke 12 dipusatkan di anjungan danau Poso Tentena akan berlangsung selama enam hari 26-31 Agustus 2019 sejumlah hiburan bahkan penampilan artis band ibu kota seperti Geisha, penyanyi Fiky Salamo dan artis lainnya bakal mengguncang kota Tentena. (Man)
Previous Post Next Post