Pengumuman PPDB, Hanya 196 Orang Siswa Lulus di SMP 4, Panitia Buka Pendaftaran Tahap Dua



PALOPO - Pengumuman Hasil Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di SMP Negeri 4  Kota Palopo, Sulawesi Selatan, telah diumumkan pada Minggu (07/07/2019) malam pukul 22.00 wita.

Pasca pengumuman di SMP Negeri 4 Kota PalopoSenin (08/07/2019) siang, berjalan kondusif, sejumlah orang tua yang telah mengetahui anaknya lulus langsung melakukan pendaftaran ulang.

Sistem PPDB secara online ini membuat sekolah SMP Negeri 4 Kota Palopo mengalami penurunan jumlah siswa atau tidak memenuhi kuota penerimaan sesuai perencanaan, padahal tahun tahun sebelumnya kuota penerimaan di sekolah ini melebihi dari rencana kuota penerimaan.  


Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Hartati mengatakan bahwa jumlah pendaftar pada saat PPDB berlangsung mencapai 500 orang siswa, namun yang dinyatakan lulus zonasi hanya mencapai 196 orang siswa saja, sedangkan kuota penerimaan sebanyak 288 orang.

“Setelah diumumkan lulus zonasi itu hanya 196 orang siswa, sementara kuota 288 orang siswa, yang lulus afirmasi ada 7 orang siswa dan lulus perpindahan orang tua 1 orang,” kata Hartati saat ditemui di ruang penerimaan PPDB, Senin.

Persaingan antar Zonasi untuk 3 wilayah kecamatan di Kota Palopo yakni Kecamatan Wara Selatan, Kecamatan Wara dan Kecamatan Wara Timur terdiri atas 3 sekolah masing-masing SMP Negeri 4 Kota Palopo, SMP negeri 3 Kota Palopo dan MTS Negeri Palopo, ketiga sekolah ini berada di jalan Andi Kambo, Kota Palopo yang hanya berjarak 100 meter.

“Sekolah yang saling berdekatan ini dalam satu zona saya kira itu salah satu penyebab kurangnya siswa yang lulus di sekolah kami, sehingga kuota tidak terpenuhi,” ucap Hartati.

Berkurangnya jumlah siswa yang lulus di sekolah tersebut membuat pihak sekolah membuka pendaftaran tahap ke dua.

“Kami membuka pendafaran tahap kedua yang berlangsung pada tanggal 12 sampai dengan 15 Juli,” ujarnya.
Previous Post Next Post