Data 100 Persen di SITUNG KPU, Prabowo-Sandi Unggul 61,51 Persen di Palopo




PALOPO – Data Sistim Hitung (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (28/04/2019) pada situs https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ dengan penginputan sebanyak  498 TPS atau 100 persen data masuk, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi unggul di kota Palopo dengan perolehan suara sebanyak 57.482 (61,51 persen).

Pasangan Prabowo – Sandi unggul di kecamatan Bara, kecamatan Mungkajang, kecamatan Sendana, kecamatan Wara, kecamatan Wara Selatan, kecamatan Wara, kecamatan Timur dan Wara Utara.  
Sementara pasangan nomor urut 01 Jokowi – Maruf memperoleh suara sebanyak 35.972 (38,49) hanya unggul di satu kecamatan yakni kecamatan Wara Barat.

Ketua KPU Arief Budiman menegaskan, Situng bukan merupakan hasil resmi yang akan ditetapkan KPU. Situng hanya rujukan bagi publik untuk memantau proses rekapitukasi suara.
"Informasi yang disediakan KPU melalui situng adalah informasi untuk mempercepat penyampaian hasil pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara kepada masyarakat, dengan begini pertama penyampaian informasi yang cepat," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).


Situng juga berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat atas proses rekapitulasi suara. Masyarakat bisa melapor ke KPU jika menemukan kesalahan entry data scan C1 ke Situng. 






Previous Post Next Post