Situng KPU 41,55 Persen : Jokowi – Ma’Ruf 45,10 Persen, Prabowo-Sandi 54,90 Persen di Luwu Timur


LUWU TIMUR -  Perolehan suara calon Presiden dan Wakil Presiden untuk kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan berdasarkan Data penghitungan suara Pilpres yang dimuat dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus bergerak, data tersebut ditampilkan pada portal pemilu2019.kpu.go.id.
Hingga Minggu (28/4/2019) pukul 03.15 Wita, data yang masuk mencapai 310 TPS dari total 746 TPS Jika dipresentasekan, jumlah tersebut mencapai 41.55 persen.
Hasil Situng sementara ini menunjukan, pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo – Sandi unggul 54,90 persen. 
Sementara paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf mendapatkan suara 45,10 persen. 
Sementara ini, Prabowo-Sandi unggul di sejumlah kecamatan, seperti kecamatan Burau, kecamatan Malili, kecamatan Nuha, kecamatan Tomoni, kecamatan Towuti, dan kecamatan Wotu.
Sedangkan Jokowi- Amin sementara ini unggul di kecamatan Angkona, kecamatan Kalaena, kecamatan Mangkutana, kecamatan Tomoni Timur.
Perhitungan tersebut satu kecamatan yang belum masuk datanya yakni kecamatan Wasuponda.  
Ketua KPU Arief Budiman menegaskan, Situng bukan merupakan hasil resmi yang akan ditetapkan KPU. Situng hanya rujukan bagi publik untuk memantau proses rekapitukasi suara.
"Informasi yang disediakan KPU melalui situng adalah informasi untuk mempercepat penyampaian hasil pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara kepada masyarakat, dengan begini pertama penyampaian informasi yang cepat," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).
Situng juga berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat atas proses rekapitulasi suara. Masyarakat bisa melapor ke KPU jika menemukan kesalahan entry data scan C1 ke Situng. 


Previous Post Next Post