Menhub Tinjau Kesiapan Pengembangan Bandara Laga Ligo Bua Kabupaten Luwu



LUWU -  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Bandara Laga Ligo Bua, kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (12/9/2018) sore. Budi Karya mengadakan pembicaraan dengan Bupati Luwu Andi Mudzakkar dan kepala Bandara Bua Syarifuddin serta pihak yang terkait.
Budi Karya menyebut pengembangan bandara Laga Ligo Bua  kabupaten Luwu,  diharapkan mampu menampung penumpang sebanyak satu juta di tahun 2019 dan pengembangan runwai secara bertahap diharapkan mampu meningkatkan pergerakan lalu lintas dengan harapan 2 atau 3 tahun mendatang dapat didarati pesawat jenis Boeing 737. 
Pengembangan runwai bandara Laga Ligo Bua direncanakan sepanjang 2.250 meter, saat ini baru tercapai 1.400 meter, dan penambahan tahun ini sepanjang 250 meter.

“Saya minta ke Pak bupati Luwu untuk membebaskan lahan di ujung ranwai, karena untuk menjadi 2.250 meter perlu tambahan. Pengalaman kami dengan adanya 2 maskapai yang ada saat ini yakni Wings air dan Garuda yang melayani penerbangan 4 kali seminggu dengan kapasitasnya diatas 80 persen,  sehingga pihak kementerian perhubungan beralasan untuk menambah runwai dan jumlah penerbangan disini. Insha Allah pak presiden Joko Widodo akan meresmikan bandara ini dalam waktu dekat,”kata Budi.

Kata dia, untuk anggaran setiap tahunnya akan dikucurkan sebanyak Rp 20 miliar sesuai daya dukungnya.
“Dengan harapan kedepan Boeing 737 bisa masuk, karena pasarnya sudah ada, bandara sudah siap dengan panjang landasan untuk Boeing 737.  

Kepala Bandara Laga Ligo Bua, Syarifuddin, mengatakan bahwa pengembangan runwai bandara hingga 2.250 meter pihak bandara sudah melakukan secara bertahap.
“Saat ini masih 1.400 meter dan ditambah 250 meter, tahun depan insha Allah ditambah lagi minml 200 meter tapi harapan kami kalu bisa sampai ke 2.000 meter supaya pesawat yang lebih besar bisa mendarat,” ucapnya.

Pengembangan runwai bandara Laga Ligo Bua, bagi pemerintah kabupten Luwu telah siap untuk terus melanjutkannya hingga target tercapai. Menurut Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, bahwa permintaan Menteri Perhubungan akan disiapkan.
  
“Untuk persiapan lahan penambahan runwai, nanti kita lihat perkembangannya karena sekarang ini sudah bertambah dari tahun ke tahun dan sisanya akan terus ditambah, sesuai permintaan pak menteri,” ujarnya.

Saat ini Bandara Laga Ligo Bua, menjadi pendukung pengembangan pariwisata di 6 kabupaten, yakni kabupaten Luwu, kota Palopo, kabupaten Luwu Utara, kabupaten Luwu Timur, kabupate Toraja utara dan kabupaten Tana Toraja.

Previous Post Next Post