Babinsa Masamba Dampingi Tim Survey BBWS Pompengan Jeneberang untuk Bantuan Pipanisasi Kelompok Tani

LUWU UTARA - Langkah awal tingkatkan hasil pertanian, personel Babinsa Koramil 1403-11/Masamba Kodim 1403/Palopo Rem 141/Tp bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara melaksanakan pendampingan terhadap Tim Survey dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang dalam rangka pengambilan data dan penentuan titik dalam rangka pemberian bantuan pompanisasi/pipanisasi terhadap kelompok tani.

 

Dalam rangka percepatan tanam, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., meminta para Pangdam, Dandim sampai Babinsa segera menelusuri sungai-sungai besar yang menyimpan banyak air untuk dialirkan pada lahan persawahan, Permintaan KSAD ini merupakan upaya TNI dalam mendukung program pompanisasi Kementerian Pertanian.

 

Kementerian Pertanian (Kementan RI) dan TNI AD bekerja sama dalam upaya akselerasi produksi beras, pemerintah saat ini telah bersiap untuk melakukan percepatan tanam.

 

Menindak lanjuti perintah pimpinan tersebut, Koramil 1403-11/Masamba Kodim 1403/Palopo Rem 141/Tp bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara melaksanakan pendampingan terhadap Tim Survey dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang meninjau langsung ke lapangan dalam rangka pengambilan data dan penentuan titik dalam rangka pemberian bantuan pompanisasi/pipanisasi terhadap Kelompok Tani yang berada diwilayah binaan Koramil 1403-11/Masamba. Jumat (22/03/2024).

 

Untuk lokasi yang berada diwilayah binaan Koramil 1403-11/Masamba ada 11 titik antara lain:

1.  Desa Rompu 26 Ha Kec. Masamba

2.  Desa Pandak 10 Ha Kec. Masamba

3.  Desa Baloli 10 Ha Kec. Masamba

4.  Desa Maipi 25 Ha Kec. Masamba

5.  Desa Kamiri 10 Ha Kec. Masamba

6.  Desa Sumillin 10 Ha Kec. Masamba

7.  Kelurahan  Kapuna 25 Ha Kec. Masamba

8.  Desa Lapapa 429 Ha Kec. Masamba

9.  Desa Laba 105 Ha Kec. Masamba

10.  Desa Pincara 10 Ha Kec. Masamba

11.  Desa Cendana Putih 1 Kec. Mappadeceng

 

Ditempat terpisah Danramil 1403-11/Masamba Kapten Inf Muh. Sukardi mengatakan bahwa atas perintah pimpinan Komando Atas, personil Babinsa bersama PPL bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara melaksanakan pendampingan terhadap Tim Survey dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang meninjau lokasi persawahan tadah hujan dalam rangka pengambilan data dan penentuan titik guna pemberian bantuan pompanisasi/pipanisasi terhadap Kelompok Tani yang berada diwilayah binaan Koramil 1403-11/Masamba.

 

Tujuan pompanisasi ini agar hasil pertanian lebih meningkat dan mensejahterakan petani serta pemenuhan pangan nasional, Kita pastikan akan langsung melakukan eksekusi dalam merealisasikan kebutuhan air dan percepatan tanam serta untuk pengaliran persawahan yang jauh dari sungai/sawah tadah hujan,” kata Sukardi.

 

Sebagai langkah awal, Komando Atas memerintahkan para Babinsa melakukan survei lapangan dengan mendatangi pemukiman warga dan mencari sebanyak mungkin informasi mengenai sawah tadah hujan atau minim pengairan. Dan mencari sumbaer air seperti sungai, Jika dirasa cocok, maka sungai tersebut langsung dipasangi pipa untuk selanjutnya menggunakan pompa,” tutup Kapten Inf  Muh 
Previous Post Next Post