Tanamkan Pengetahuan Lingkungan Sejak Dini, Siswa SDIT Ibnu Sina Tanam Pohon di Hutan Bukit Lewadang

Tanamkan Pengetahuan Lingkungan Sejak Dini, Siswa SDIT Ibnu Sina Tanam Pohon di Hutan Bukit Lewadang

 

PALOPO - Ratusan pelajar sekolah dasar islam terpadu (SDIT) Ibnu Sina Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (19/1/2023) pagi  antusias saat memasuki Kawasan Hutan Kota di Bukit Lewadang  untuk menanam pohon guna melestarikan hutan dan lingkungannya.

  

Selain menanam para siswa juga diberikan pengetahuan tentang nama-nama pohon dan fungsinya.

 


Para guru memperkenalkan cara merawat alam  secara kompak sejak dini sesuai dengan program dan kurikulum yang diterapkan di sekolah.

 


“Tujuannya itu yang pertama bagaiman anak-anak tahu cara menanam pohon, kemudian bagaiman melestarikan hutan, melindungi hutan dari kondisi yang gersang dan tandus,” kata Lina, guru SDIT Ibnu Sina.

 

Lanjut Lina, selain itu siswa diajarkan cara merawat lingkungan khususnya hutan.

 

“Kita ajarkan cara merawat hutan, demi kelestarian atau keberlanjutan alam dan ;lingkungannya,” ucap Lina.  

 

Setelah menanam pohon  siswa diberikan permainan yang menyenangkan.

 

Aksi penanaman pohon ini juga didukung oleh kelompok pemerhati lingkungan seperti Earth hour Kota Palopo.

 

Earth Hour  Koordinator Kota Palopo Rocky mengatakan lokasi Hutan Kota Bukit Lewadang Kota Palopo dijadikan sebagai area penanaman karena masih terdapat titik-titik yang tidak tertanami pohon.

 

“Di lokasi ini masih terdapat area yang kosong atau tidak tertanami pohon-pohon, jadi kami mengisi sela-sela yang masih kosong,” ujar Rocky.

 

Rocky berharap agar kedepan kegiatan penanaman pohon lebih ditingkatkan mengingat kondisi hutan secara umum mengalami degradasi.

 

“Kedepan agar lebih ditingkatkan penanaman guna merapatkan vegetasi agar kondisi hutan membaik dan terjaga,” tutur Rocky.

Previous Post Next Post