Desa Baloli Terpilih sebagai Desa Role Model Pengelolaan Keuangan Desa di Luwu Utara

Desa Baloli Terpilih sebagai Desa Role Model Pengelolaan Keuangan Desa di Luwu Utara



LUWU UTARA - Desa Baloli Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara terpilih sebagai Desa Role Model Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Luwu Utara. Terpilihnya Desa Baloli bukan tanpa alasan yang jelas. Salah satunya karena desa ini dinilai sangat baik dalam tata kelola keungan desa, termasuk paling cepat dalam penyelesaian APBDes. 


Untuk memastikan hal itu, KPPN Kota Palopo sebagai pelaksana program Role Model Pengelolaan Keuangan Desa berkunjung ke Desa Baloli, Sabtu (14/1/2023). Kunjungan tersebut dipimpin Kepala KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud. Rombongan KPPN Palopo diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Misbah, dan Kepala Desa Baloli, Solihin.


Kadis PMD, Misbah, dalam pertemuan yang dilangsungkan di Kantor Desa Baloli tersebut mengatakan, dipilihnya Desa Baloli sebagai Role Model Pengelolaan Keuangan Desa karena penataan dan pengelolaan keuangan di desa yang dulunya bernama Desa Balebo itu, dinilai paling bagus. “Desa Baloli ini juga tercepat dalam penyelesaian APBDes,” sebut Misbah.


Yang juga menentukan, kata Misbah, adalah karena Desa Baloli sampai saat ini masih terus mempertahankan dan menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di sana. “Penetapan Baloli sebagai desa role model itu juga pendekatannya adalah kearifan lokal dan budaya masyarakat di Desa Baloli yang masih sangat kuat terpelihara sampai saat ini,” terang Misbah.


Dikatakan Misbah, Desa Baloli adalah salah satu dari 20 desa di Kabupaten Luwu Utara yang sudah masuk kategori desa mandiri. “Desa Baloli ini memang memiliki karakteristik tersendiri. Di mana kita juga sudah membangun yang namanya kawasan perdesaan dan kawasan agrowisata di desa Baloli, yang juga mencakup sampai sembilan desa lainnya,” ungkapnya.


Pada kesempatan itu pula, Misbah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya dari Bupati Indah Putri Indriani kepada KPPN Kota Palopo. “Ibu Bupati menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya sekaligus permohonan maaf beliau karena pada saat bersamaan ada kegiatan di Sukamaju  yang jauh hari telah teragendakan,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud, mengaku terkejut atas penyambutan luar biasa yang diterimanya. “Ekspektasi kami tadi sebenarnya adalah kami datang, terus kita diskusi sederhana, tetapi begitu kami masuk, rupanya kami disambut begitu meriah. “Terima kasih atas penyambutan yang luar biasa ini,” kata Ikhwan Mahmud di awal sambutannya.


Ikhwan Mahmud menjelaskan bahwa program Role Model Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Baloli ini nantinya diharapkan akan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam kaitannya dengan tata kelola keuangan desa. “Saya datang ke sini karena berdasarkan hasil dari evaluasi kita bahwa Desa Baloli ini paling cepat proses penyaluran dana desanya,” tutur Ikhwan.  


Ia menjelaskan bahwa desa yang tercepat dalam penyaluran dana desanya secara umum tentu akan menggambarkan bahwa tata kelola keuangan di desa tersebut sudah sangat baik. “Kalau sudah tercepat, tentu tata kelolanya, saya yakin juga sangat bagus, karena untuk menyalurkan dana desa itu kan tentu melalui proses dan syarat yang sesuai ketentuan,” terang dia. 


“Kalau sudah terpilih sebagai role model di wilayah Kabupaten Luwu Utara, semoga nanti bisa terpilih menjadi yang terbaik di Provinsi Sulawesi Selatan, maka kita berasumsi bahwa pengelolaan keuangan di desa Baloli ini sudah sangat bagus, tata kelolanya bagus, termasuk administrasinya juga pasti bagus,” sambung pria kelahiran Desa Malela Kabupaten Luwu ini.


Dan jika terbukti terpilih, lanjut dia, maka desa Baloli dinilai berhasil dalam program ini, diharapkan nantinya ada penambahan dana desa bagi desa Baloli jika nanti dinilai berhasil. ”Intiya kenapa ada desa role model ini karena kami berharap nantinya desa Baloli ini bisa menjadi contoh pengelolaan dana desa bagi seluruh desa di wilayah Luwu Raya,” tandasnya.


Sebelumnya, Kades Baloli, Solihin, berharap bahwa kehadiran KPPN Palopo bersama program yang dibawanya dapat menjadi berkah bagi desa Baloli, terutama berkah bagi seluruh warga desa. “Harapan kami tak banyak, kami hanya berharap kehadiran para bapak dan ibu semua di sini dapat membawa berkah bagi kami, seluruh masyarata desa Baloli,” kata Solihin.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Koordinator dan Anggota Tenaga Ahli, para Pendamping Lokal, Babinsa, perwakilan Polsek Masamba, Sekcam Masamba, aparat desa, BPD serta beberapa warga desa setempat. Setelah kegiatan di kantor desa, acara kemudian dilanjutkan dengan meninjau Baruga Serbaguna Batusosoan, yang letaknya tak jauh dari Kantor Desa Baloli. (LH)

Previous Post Next Post