Tradisi Pengambilan Air Suci Jelang HUT Korps Brimob Ke 77, Batalyon D Pelopor Pilih Air Sungai Sulili Baebunta, Danyon D Pelopor: Melambangkan Arus Perjuangan yang Dahsyat

Tradisi Pengambilan Air Suci Jelang HUT Korps Brimob Ke 77, Batalyon D Pelopor Pilih Air Sungai Sulili Baebunta, Danyon D Pelopor: Melambangkan Arus Perjuangan yang Dahsyat

LUWU UTARA - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brimob Polri ke 77, personel brimob Baebunta dipimpin oleh Komandan Batalyon D Pelopor, Kompol Muhammad Agus melaksanakan tradisi pengambilan air suci di Sungai Sulili, Desa Baebunta, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara.


“Pengambilan air suci di situs bersejarah atau mata air yang dinilai memiliki filosofi maupun makna tersendiri merupakan tradisi yang dilakukan oleh personel brimob menjelang peringatan HUT Korps Brimob Polri ke 77 yang jatuh pada 14 November 2022 mendatang,” kata Kompol Muhammad Agus, Sabtu (22/10/2022).


Air suci dari sungai sulili ini nantinya akan digunakan untuk pensucian Dhuaja  Brimob Polda Sulsel yaitu Satya Harinatama dan Pataka Korps Brimob Polri Satya Cakti Yanottama.


“Alasan dipilihnya sungai Sulili sebagai air suci yang nantinya akan digunakan untuk mensucikan dhuaja Brimob Polda Sulsel. Sulili yang dalam bahasa daerah setempat merupakan pusaran air yang tentunya memiliki filosofi yang menggambarkan sebuah arus perjuangan yang dasyat,” terang Danyon D Pelopor.


“Duaja Satrimob Polda Sulsel ‘Satya Harinatama’ dan Pataka Korps Brimob Polri ‘Satya Cakti Yanottama’ yang nantinya akan disucikan dengan air ini menjadi inspirasi bagi seluruh personel Korps Brimob Polda Sulsel, yang akan terus menanamkan semangat dan kerja keras untuk mencapai tujuan akhir yang lebih baik dalam menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI yang selalu merangkul dan mengayomi siapa saja tanpa ada perbedaan,” tandas Muhammad Agus.


Air suci yang diambil dari sungai sulili, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara  ini nantinya akan dibawa ke Markas Komando Satuan (Makosat) Brimob Polda Sulsel untuk kemudian disatukan dengan air suci dari tiga Batalyon jajaran Brimob Polda Sulsel. 


Pada peringatan HUT Korps Brimob Polri ke 77 kali ini mengambil tema “Setia Berani Ikhlas, Berbakti Untuk Negeri.

Post a Comment

Previous Post Next Post