Kebakaran Hanguskan Gudang di Jalan Lingkar Palopo

Kebakaran Hanguskan Gudang di Jalan Lingkar Palopo

PALOPO - Sebuah gudang di jalan lingkar,  Kelurahan Penggoli,  Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (27/9/2022) sore  hangus terbakar.

Gudang tersebut tak dapat diselamatkan akibat kobaran api yang dengan cepat membakar gudang yang terbuat dari bahan mudah terbakar seperti perkakas kayu. 

Kepala Seksi Evakuasi dan Penyelamatan Dinas Pemadam kebakaran Kota Palopo, Muhammad Nur Tandiwajang mengatakan petugas menurunkan 6 unit armada pemadam kebakaran  dan 25 orang petugas dibantu BPBD Kota Palopo dan Polri namun tak dapat menjinakkan api.

“Tiupan angin yang kencang membuat api semakin mudah menghanguskan gudang tersebut, apalagi gudang berisi bahan mudah terbakar dan kondisi cuaca yang panas,” kata Tandiwajang saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa (27/9/2022) sore.

Menurut Tandiwajang, gudang tersebut berisi barang bekas berupa botol plastik dan kardus yang sulit diselamatkan karena bahan mudah terbakar.

“Saat proses pemadaman dan pendinginan terlihat botol-botol plastik dan kardus yang masih terbakar, petugas kami harus memastikan api benar-benar padam mengingat di lokasi tiupan angin dan terik matahari memudahkan terjadi kebakaran,” ucap Tandiwajang.

Selain membakar gudang, api juga mulai merembet membakar alang-alang dan lahan rumput yang ada disekitar gudang, membuat petugas harus berjibaku melakukan pemadaman.

“Api sudah mulai merembet ke semak-semak, rerumputan dan petugas kami melakukan pemadaman guna mengantisipasi meluasnya kebakaran,”  ujar Tandiwajang.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui,  petugas kepolisian Polres Palopo tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban luka maupun korban jiwa, untuk kerugian akibat kebakaran belum diketahui, petugas kami masih melakukan pendinginan,” tutur Tandiwajang. 

Sementara itu salah seorang saksi yang pertama kali melihat gudang terbakar Herman (60) mengatakan api terlihat muncul ditengah bangunan.

“Saya mendekat dan menyiram tapi saya tidak mampu karena api terus membesar bahkan asapnya sudah mengepul makanya saya lari dan menyampaikan ke warga lainnya sehingga ada yang menelpon ke petugas,” beber Herman.

Lanjut Herman, saat gudang sudah terbakar terlihat kabel listrik menyala beruntung tidak ada yang mendekat.

“Tadi kabel listrik menyala, beruntung di dalam gudang tidak ada yang tinggal atau menginap,” jelas Herman.

Previous Post Next Post