Punya Inovasi? Yuk, Ikut Lomba Inovasi Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU UTARA - Salah satu upaya pemerintah memberi stimulan dan menjaring ide-ide kreasi dan inovasi adalah dengan melaksanakan lomba inovasi, sehingga semakin menstimulasi seseorang/kelompok untuk menunjukkan sisi kreativitas dalam menyelesaikan persoalan.

Dengan lomba inovasi pula, akan semakin meningkatkan daya saing daerah dalam memberikan pelayanan publik yang lebih kreatif dan inovatif. Dengan daya saing yang lebih meningkat, maka sebuah daerah akan menjadi lebih produktif menghasilkan karya inovasi.

Nah, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) akan menggelar

Lomba Inovasi Daerah Tingkat Perangkat Daerah, SMA/SMK/MA/MAK/SMA-LB, dan Swasta, se-Sulawesi Selatan.   

Lomba Inovasi Daerah ini bekerja sama dengan USAID-ERAT, dan mengambil tema “Sulawesi Selatan Inovatif untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”.

Kepala Bappelitbangda Sulsel, Darmawan Bintang, mengatakan, lomba ini akan memberikan gambaran perkembangan inovasi teknologi berbasis kearifan lokal di seluruh wilayah Sulsel.

“Kita memberikan kesempatan kepada masyarakat yang inklusif dan berkeadilan gender, baik tingkat SMA atau sederajat, maupun di tingkat Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk ikut dalam lomba inovasi ini,” kata Darmawan.

Dikatakannya, tema Sulsel Inovatif untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat sengaja dipilih karena tema ini menggambarkan semangat masyarakat Sulsel untuk bangkit, bersinergi, serta pulih dan kuat bersama melalui  upaya-upaya yang kreatif dan inovatif.

“Semoga lomba inovasi ini semakin menciptakan budaya inovasi di lingkungan pemerintah dan pendidikan menengah atas atau pelajar, dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, serta mengakselerasi pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Bagi para inovator se-Sulawesi Selatan yang berminat mengikuti lomba, disilakan untuk mengakses link berikut ini: https://bit.ly/LombaInovasiSULSEL2022. Semua informasi tentang lomba ini tergambar jelas pada link tersebut.

Peserta lomba inovasi ini terdiri dari pelajar SMA atau yang sederajat, baik perorangan maupun individu. Peserta lomba juga bisa dari kalangan ASN atau Perangkat Daerah.

Peserta atau inovator diharapkan membuat profil inovsi atau proposal inovasi yang wajib dikirim paling lambat 15 September 2022 mendatang. Peserta yang lolos menjadi finalis akan melakukan presentasi pada 28 September 2022.

Penyelenggara lomba akan memilih tiga inovasi terbaik untuk tingkat SMA atau yang sederajat, serta tiga inovasi terbaik untuk tingkat Perangkat Daerah.

Pemenang lomba untuk tingkat SMA atau sederajat akan mendapatkan sejumlah hadiah, yaitu piala, piagam penghargaan serta uang tunai total sejumlah Rp 22 Juta. Juara pertama Rp 10 Juta, juara kedua Rp 7,5 Juta, dan juara ketiga Rp 5 Juta.

Sementara pemenang lomba untuk tingkat Perangkat Daerah atau ASN, akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi peserta atau inovator adalah sebagai berikut: (1) peserta adalah pelajar dan ASN aktif; (2) memiliki inovasi tahun 2020 – 2022; (3) perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang); (4) inovasi harus sesuai dengan tema penulisan.  (LH)

Previous Post Next Post