Bersama POSSI, TNI AL dan Basarnas, Indah Putri Selami Teluk Bone Kibarkan Merah Putih
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU UTARA – Jelang perayaan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, pengibaran bendera merah putih  dari dasar laut hingga ke udara  berlangsung di tengah laut perairan Teluk Bone,  Desa Munte,  Kecamatan Tana Lili, Kabupaten Luwu Utara,  Sulawesi Selatan, Minggu (15/8/2022) sore.

Penyelaman di dasar laut Teluk Bone, untuk mengibarkan bendera merah putih di dasar laut berlangsung khidmat yang dilakukan oleh Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI)i  Pemda Luwu Utara, Basarnas dan TNI Angkatan Laut.

Ketua POSSI Luwu Utara, Serda Marinir Bahri mengatakan penyelaman sedalam 7 meter berhasil mengibarkan bendera merah putih berukuran 3 kali 2  meter dari dasar laut di kaki mercusuar.

“Ada 6 penyelam profesional terlibat pengibaran bendera merah putih di bawah laut, dan berhasil dengan baik mengibarkan bendera merah putih,” kata Bahri, saat dikonfirmasi, Minggu (15/8/2022) sore.

Saat bendera membentang  penyelam yang lain menarik tali untuk melanjutkan untuk dikibarkan di atas udara.

Bendera kemudian muncul dari dalam laut dan terus mengikuti tiang Mercusuar dan disambut warga dengan melakukan penghormatan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Puluhan nelayan dan warga ikut merayakan bersama pengibaran bendera merah putih tersebut, bendera yang telah berkibar akan diturunkan di akhir Agustus nanti.

Setelah berkibar  di udara, penyelam melanjutkan untuk memantau terumbu karang yang telah ditanam sejak beberapa bulan lalu

“Dalam 7 bulan pengembangan terumbu karang yang telah kami lakukan cukup baik yakni telah mengalami pertumbuhan hingga 7 sentimeter,” ucap Bahri..

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan kegiatan yang diinisiasi POSSI Luwu Utara, TNI AL, Basarnas dan Pramuka dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Luwu Utara disupport dan diapresiasi karena kegiatan ini juga sebagai ajang kampanye untuk mencintai dan menjaga laut.

“Kita ketahui bahwa negeri kita sebagian besar adalah lautan oleh karena itu menjadi kewajiban bagi kita semua untuk tetap menjaga laut termasuk biota yang ada di dalamnya,” ujar Indah.

Menurut Indah Putri yang ikut serta menyelam mengatakan selain mnegibarkan bendera merah putih di Mercusuar hari ini juga sekaligus melihat perkembangan terumbu karang yang telah ditanam beberapa waktu yang lalu

“Tujuan kita adalah bagaimana laut ini sebagai salah satu potensi pariwisata yang ada di Luwu Utara, memang kita butuh support dan upaya yang lebih besar  untuk tetap menanam dan menjaga dan sekaligus menjadikan potensi wisata kedepan,” tutur Indah.

Previous Post Next Post