Sungai Salutubu Meluap Jalan Trans Sulawesi dan 50 unit Rumah Terendam
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara,  Kabupaten Luwu, Slawesi Selatan, membuat Sungai Salutubu meluap dan merendam ruas jalan dan puluhan rumah warga.

Jalan trans sulawesi sepanjang satu kilometer  terendam banjir, akibatnya kendaraan dari dua arah terpaksa mengantri untuk melewati genangan akibat banjir. 

Warga setempat berjibaku untuk mengarahkan pengendara agar tidak terperosot kedalam parit, sebagian badan jalan juga sudah mulai tergerus air  sehingga membahayakan para pengendara yang melintas.

Selain akses jalan,  banjir akibat luapan Sungai Salutubu  juga merendam puluhan rumah warga  sehingga warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Kepala Desa Pongko, Rosilawati   mengatakan banjir ini sudah terjadi sejak sore hari setelah diguyur hujan deras sejak siang dengan ketinggian bervariasi antara 50 sentimeter hingga 1 meter .

“Banjir mulai pukul 14.30 Wita, memang tadi hujan deras terutama di wilayah hulu atau pegunungan tiba-tiba datang banjir akibat meluapnya sungai Salutubu,” kata Rosilawati saat dikonfirmasi di lokasi, Kamis (07/07/2022) petang. 

Lanjut Rosilawati meluapnya Sungai Salutubu merendam puluhan rumah warga dan lahan pertanian, sementara warga yang terendam rumahnya memilih mengungsi.

“Ada 50 Kepala Keluarga yang rumahnya terdampak banjir, kemudian lahan pertanian padi sawah sekitar 100 hektare, warga yang rumahnya terendam mengungsi ke rumah keluarga dan memilih tempat yang lebih aman,” ucap Rosilawati.

Previous Post Next Post