Batik Rongkong Pukau Penonton Surabaya Fashion Festive di Kota Surabaya

Batik Rongkong Pukau Penonton Surabaya Fashion Festive di Kota Surabaya

SURABAYA - Desainer asal Luwu Utara, Iskandar Yusri, sukses menampilkan busana Batik Rongkong khas Kabupaten Luwu Utara pada event Surabaya Fashion Festive (SFF) 2022, tanggal 22 – 24 Juli 2022, di Atrium Utama Grand City Mall Surabaya, Jawa Timur.

Pada event tersebut, Iskandar mengangkat tema “Exotica of Rongkong” dan membawa brand desainer “Salvadora by Andar Yusri”. Ia mengangkat tema itu, terinspirasi dari sentuhan lembut tenun Rongkong, sebuah tenun yang berasal dari wilayah berjuluk “Negeri Berselimut Kabut”.

“Alhamdulillah, busana batik Rongkong khas Luwu Utara tampil sangat memukau pada event Surabaya Fashion Festive 2022 yang digelar tiga hari,” kata pria yang akrab disapa Andar ini. Ia menyebutkan, SFF 2022 juga diikuti sekira 60 desainer dari seluruh Indonesia

Kata dia, para desainer ada yang berasal dari Surabaya, Malang, Yogyakarta, Madiun, Madura, Solo, Semarang, Sidoarjo dan Jember. Bahkan desainer dari luar pulau Jawa juga ikut memeriahkan event tahunan yang dilaksanakan Andima Management Model ini.  

“Desainer dari luar pulau Jawa yang ikut hadir, di antaranya saya sendiri dari Masamba Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan, Lombok, Balikpapan, Samarinda dan juga Medan,” sebut Andar yang sempat menjadi juri pada event Wonderfull Rongkong Desember 2021 lalu.

Ia menyebutkan, konsep busana batik Rongkong yang ia tampilkan adalah busana etnik pria dan busana muslim pria. “Jumlah busana yang kami tampilkan terdiri dari 7 outfit busana yang di-support oleh Griya Batik Rongkong dengan owner ibu Bulan Masagena,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, saat pelaksanaan FSS kemarin, ratusan penonton terpukau dengan batik Rongkong yang diperagakan para model profesional. “Busana batik Rongkong ini disambut dengan sorakan tepuk tangan para penikmat fashion di Surabaya,” ungkap dia.

Sekadar diketahui, motif batik Rongkong yang ditampilkan pada event FSS Tahun 2022 di Surabaya tersebut adalah motif sekong sirenden, bunga rissin, tomalemba' dan zora yang merupakan motif tenun Rongkong dalam jenis kain tenun pori lonjong.

Terpisah, owner Griya Batik Rongkong Luwu Utara, Bulan Masagena, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada desainer Iskandar Yusri yang sukses menampilkan batik Rongkong di FSS Tahun 2022 di Surabaya, sehinga batik tersebut lebih dikenal lagi di Nusantara.

“Terima kasih kami ucapkan kepada adinda Iskandar Yusri yang lebih akrab saya sapa adinda Is, yang telah memperkenalkan batik Rongkong khas Luwu Utara di Kota Surabaya,” ucap Bulan di Masamba, Luwu Utara, sembari memberikan salam pesona Luwu Utara. (LH)

Previous Post Next Post