1 Agustus 2022 Merah Putih Berkibar di Langit Indonesia
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU UTARA - Mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus 2022, bendera merah putih bakal berkibar selama sebulan penuh di langit Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.  

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Dr. Drs. Bahtiar, M.Si., saat Rakor Persiapan Perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Selasa (26/7/2022).

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Rakor juga membahas Rencana Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

“Subtansi besar kita hari ini, bagaimana bendera merah putih berkibar di langit Indonesia dari Sabang sampai Marauke, mulai 1 - 31 Agustus 2022, selama sebulan,” kata Bahtiar.

Ia mengatakan, pengibaran dan pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih adalah upaya rakyat untuk membuktikan bahwa Indonesia bangsa yang berdaulat.

“Kita pastikan mulai minggu depan, bendera merah putih sudah berkibar di langit Indonesia. Mestinya kita malu kalau ada instansi yang tidak menaikkan bendera,” kata Bahtiar.

Bahtiar berharap, perayaan HUT Kemerdekaan tahun ini tidak dimaknai sebagai kegiatan yang sifatnya seremonial semata, tetapi ada makna historis yang terkandung di dalamnya.

“Yang paling sederhana sebenarnya adalah kita ikut memastikan seluruh langit di daerah itu dapat mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan penuh,” imbuhnya.

Sementara Sekda Luwu Utara, Armiadi, yang mengikuti Rakor ini dari Ruang Command Center mengatakan, Pemda Lutra akan ikut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Kita di Luwu Utara, Insya Allah akan ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, terutama olahraga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI,” kata Armiadi.

Terkait pencanangan 10 juta bendera, pemda sudah melakukan persuratan ke kecamatan untuk ditindaklanjuti. “Tak hanya bendera, pemasangan umbul-umbul juga kita agendakan,” ujarnya.

Armiadi berharap, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dapat ikut berpartisipasi pada pencanangan 10 juta bendera merah putih. “Semua kita minta partisipasinya,” tegasnya.

Untuk kegiatan olahraga HUT Kemerdekaan, Pemda akan melaksanakan beberapa kagiatan olahraga seperti futsal, bola voli, sepak takraw, dan lari karung, akan dilaksanakan. 

“Yang jelasnya olahraga ini nantinya akan semarak, dan akan melibatkan banyak orang, tetapi tetap murah dan meriah,” pungkas mantan Kepala Dinas Pertanian ini.

Senada Sekda, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Enyon, yang juga ikut dalam rakor ini mengatakan bahwa bendera yang akan dibagi ukurannya bebas.

“Namanya gerakan, jadi ukurannya bebas dan terserah, mau kecil seperti yang dipasang di mobil, atau ukuran besar,” katanya, seraya berharap pihak swasta ikut terlibat. (Dw/LH)

Previous Post Next Post