INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TANA TORAJA
- Salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yakni objek wisata Religi Buntu Burake yang terletak di Kecamatan Makale, dipadati wisatawan selama libur Idul Fitri.

Objek wisata dengan icon Patung Tuhan Yesus Memberkati itu mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak Jumat (29/4/2022) pekan lalu.

Ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah tidak hanya warga sekitar atau lokal Kabupaten Tana Toraja saja, terlihat memadati tiap sudut dari ujung ke ujung.

Kepala Bidang (Kabid) Pajak dan Retribusi Bapenda Tana Toraja, Genos Payangan menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan tertinggi terjadi pada H+1 atau hari pertama libur lebaran pada Selasa (3/5/2022) kemarin. Dimana, jumlah wisatawan mencapai 3.000 orang. Terdiri dari wisatawan mancanegara, domestik dan lokal.

"Hari pertama kemarin mencapai 3.000 orang. Untuk biaya tiket masuk di Burake diketahui dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk dewasa Rp 10 ribu dan anak-anak Rp 5 ribu. Jadi kalau kita hitung jumlah pemasukan Rp 30 juta," ungkap Genos Payangan, Rabu (4/5/2022) sore.

Dikatakan Genos, hingga saat ini, kunjungan wisatawan terus bertambah. Bahkan hingga sore hari wisatawan terus berdatangan. Pihaknya pun memprediksi puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Minggu (8/5/2022) mendatang.

"Wisatawan terus bertambah, dan kita prediksi puncaknya pada Minggu mendatang," ujarnya.


Dia menyebut, para wisatawan dominan berasal dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan, seperti dari Makassar, Pare-Pare, Pinrang, Enrekang dan Palopo.

Sementara itu, sejumlah wisatawan yang dikonfirmasi mengaku memilih Toraja menjadi tempat liburan. Itu karena di Toraja tak hanya terdapat Burake, namun masih banyak lokasi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

"Obyek wisata di Toraja itu bagaikan sajian prasmanan. Ada negeri di atas awan dan ada Ke'te Kesu, pokonya banyak lah," ucap Rijal, wisatawan asal Makassar.

Sebagai informasi, selain Burake, wisatawan juga ramai mendatangi agrowisata Hutan Pinus Pango-Pango di Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja. (*/Ben)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post