TPS3R Madura Mandiri Lamasi Manfaatkan Popok Bekas Jadi Pot Bunga
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU - Tempat Pengelolaan Sampah Reduse, Reuse dan Recycle (TPS3R) Madura Mandiri, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mengelola sampah popok bekas menjadi pot bunga nan cantik.

Ide kreatif bermula dari keresahan terhadap banyaknya sampah terutama popok bekas yang menumpuk dipinggir jalan atau pinggiran sungai.

Pengurus TPS3R Lamasi, Afif Arifin mengatakan bahwa penumpukan sampah terutama popok bekas sangat meresahkan, apalagi jika sudah berserakan di jalanan.

"Kita tahu popok itu susah terurainya dan tak jarang popok ini menjadi masalah karena kita sering temukan sampai berserakan di jalanan," ujar Afif, Jumat (22/4/2022).

Dijelaskan Afif, selain vas bunga di TPS3R Madura Mandiri, nantinya akan memanfaatan popok bekas dengan beragam daur ulang dan pupuk tanaman.

"Kami akan mengajak masyarakat memanfaatkan popok bekas sehingga meminimalisir menumpuknya sampah terkhusus popok bekas," ujar Afif.

"Kami juga berharap dukungan penuh dari seluruh pihak terutama masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah dari rumah karena sampah ini tanggung jawab kita bersama," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post