INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 



PALOPO – Arus mudik lebaran dalam rangka Idul Fitri 2022/ 1443 H diprediksi akan membludak setelah pemerintah memperbolehkan mudik lebaran yang sebelumnya ditunda akibat pandemi covid-19. Membludaknya pemudik diprediksi akan terjadi mengingat telah 2 kali tidak diperbolehkan melakukan mudik.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat transportasi pada saat mudik atau pada saat mengunjungi tempat keramaian seperti tempat wisata, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pos SAR Palopo, Sulawesi Selatan menurunkan personal siaga SAR selama masa mudik lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

Komandan Pos SAR Palopo, Maickel Marth Femi mengatakan pihaknya siaga SAR khusus lebaran di beberapa titi.

“Personel Basarnas akan standby di beberapa titik yakni Bandara I Laga Ligo Kecamatan Bua, pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo dan Pemandian  air terjun Latuppa Palopo, Pantai Labombo Palopo dan Wai Tiddo Bua,” kata Maickel, Kamis (28/4/2022).

Dalam mendukung kegiatan SAR Khusus Basarnas Pos Palopo menyediakan peralatan yang memadai.

“Peralatan  yang digunakan untuk mobile, truk personel beserta peralatan evakuasi diperairan dan peralatan mountenering atau evakuasi di ketinggian serta peralatan pendukung  lainnya,” ucap Maickel.

Dalam menjalankan tugasnya, Basarnas Pos SAR Palopo tetap bersinergi dengan beberapa pihak seperti BPBD, TNI, Polri, Potensi SAR, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, dan pihak terkait lainnya  demi terwujudnya pelayanan SAR yang optimal kepada para pemudik, dengan prinsip Quick Response SAR.

Siaga SAR Khusus ini akan berlangsung selama 21 hari, terhitung sejak tanggal 22 April dan akan berakhir pada tanggal 12 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post