Jalan Penghubung Antar Kabupaten Tana Toraja di Tapparan-Kurra Rusak, Mirip Kubangan Kerbau
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

TANA TORAJA - Jalan poros Tapparan – Kurra yang menghubungkan antara Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara,  Sulawesi Selatan, rusak parah,  padahal jalan tersebut merupakan akses utama penunjang ekonomi warga.

Jalan tersebut selama beberapa tahun terakhir tidak tersentuh oleh pemerintah  untuk melakukan perbaikan, sehingga kondisinya sudah mirip dengan kubangan kerbau.

Warga setempat Agustinus  mengatakan jalan itu merupakan akses satu – satunya yang digunakan warga  untuk mengangkut hasil bumi termasuk anak sekolah.

“Sudah cukup lama jalan ini rusak dan tidak ada perbaikan dari pemerintah, padahal jalan ini dipakai warga untuk bawa kopi, telur dan hasil bumi lainnya,” kata Agustinus, Kamis (10/03/2022). 

Untuk melintas di jalan ini pengendara roda dua maupun roda empat harus ekstra hati-hati  sebab salah sedikit saja kendaraan bisa terperosok ke dalam jalan yang berlumpur penuh dengan genangan air.

Salah seorang pengendara yang melintas mengatakan sudah 3 tahun melintasi jalan tersebut dan belum ada perbaikan sehingga kondisinya makin parah.

“Padahal ini jalan merupakan penunjang ekonomi warga, disini tidak ada jalan lain sebagai alternatif, kalau ketemu kendaraan di tempat yang berlubang yah harus ada yang mengalah apakah mundur dulu atau tetap injak jalan yang berlubang dan berair bahkan berlumpur,” ucap Marten Pakidi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tana Toraja, Juli Kaboel Palipangan  mengatakan jalan poros Tapparan - Kurra yang merupakan jalan lingkar luar penghubung antar kabupaten, saat ini sudah diusulkan ke pihak Bappeda untuk dikerjakan.

“Kalau soal jalan tersebut yaitu poros Tapparan – Kurra, kemudian Kurra - Salu Kanan itu sudah kami usulkan untuk ditangani kami juga sudah dorong di Bappeda untuk menjadi bahan pertimbangan untuk ditangani selanjutnya,” ujar Juli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di akun resmi Fanpage Facebook Inspirasi Timur, dengan klik link https://bit.ly/3pgo7vY

Previous Post Next Post