Dinas Ketahanan Pangan Wilayah Luwu Raya, Laksanakan Gerakan Gelar Pangan

LUWU - Kementerian Pertanian RI Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se Sulsel mengadakan Kegiatan Gerakan Gelar Pangan dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional tahun 2022.

Untuk Zona 5 yang meliputi Kabupaten/Kota se Luwu Raya (Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo), pelaksanaannya dipusatkan di Tribun Lapangan Sepak Bola Andi Djemma Belopa Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Rabu (30/3/2022), dengan kegiatan Masing-masing Dinas Ketahanan Pangan menjual bahan pokok rumah tangga yang murah dan berkualitas.

Mewakili Gubernur Sulsel, Kegiatan dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina secara virtual.

Naoemi mengatakan Gerakan Gelar Pangan ini dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022.

“Komoditas pangan merupakan salah satu komoditas yang bersifat strategis berdimensi sosial ekonomi dan politik, Sehingga Pemerintah menempatkan pembamgunan ketahanan pangan sebagai salah satu sasaran pembangunan strategis dalam peningkatan perekonomian di Sulsel,” ungkap Naoemi.

Dijelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 tahun 2022 tentang ketahanan pangan, peemerintah pusat hingga kabupaten kota perlu melakukan pengendalian harga khususnya terhadap pangan tertentu yang bersifat pokok untuk menghindari terjadinya gejolak harga yang berakibat resahnya masyarakat..

“Gerakan Gelar Pangan ini dilaksanakan secara serentak di 6 Zona, ini sangat bermanfaat sekali buat masyarakat di kabupaten/kota hingga desa,” ujarnya

Melalui kegiatan ini, atas nama TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dapat melaksanakan Gelar Pangan Murah tidak hanya saat menyambut bulan Ramadhan atau hari besar keagamaan lainnya tapi bisa juga dilaksanakan atau rutin dilaksanakan setiap bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu, H Zainal mengatakan dalam kegiatan Gelar Pangan Murah ini dijual berbagai pangan kebutuhan masyarakat seperti beras, telur, minyak goreng dan lain sebagainya

“Adapun harga pangan tersebut seperti Beras Premium 5Kg Rp.50 ribu, Beras Medium 5Kg Rp.42 ribu, Gula Pasir 2Kg Rp.25 ribu, Bawang Merah 1/2Kg Rp.15 ribu, Bawang Putih 1/2Kg Rp.13 ribu, Minyak Goreng 1 Liter Rp.25 ribu, Telur Ayam Ras 1 Rak Rp.35 ribu dan Cabe Rawit 1/2Kg Rp. 17.500,” sebut Zainal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post