76 Tahun Lebih Indonesia Merdeka, Jalan di Kampung Tandung Palopo Belum Memadai
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

PALOPO - Jalan menuju kmapung Tandung, Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, Sulawesi Selatan  selama 76 tahun lebih belum memadai.

Warga setempat mengaku miris merasakan buruknya  jalan tersebut yang tak kunjung diperbaiki sejak beberapa tahun terakhir.

"Belum ka lahir sudah begitu jalannya," kata Salna, Ketua RW 4 Kelurahan Peta, Jum'at (18/3/2022).

Jalan tersebut merupakan salah satu jalan alternatif atau  penghubung antara Kota Palopo dan Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu. 

Jalan ini menjadi sorotan warga karena tak kunjung diperbaiki.

Diketahui, jalan tersebut memiliki panjang 10 kilometer, janji untuk melakukan pengaspalan, namun tak kunjung ditepati.

"Kalau tidak salah sekitar 10 Km, dan katanya pemerintah sudah mau aspal bulan ini tapi belum ditau kapan," ucap Salna.

Ia juga mengataka, bahwa, warga sudah terbiasa dengan kondisi yang ada, hanya saja pemerintah tetap diminta turun tangan karena bagaimana pun warga butuh akses jalan yang memadai dan perlu diperbaiki saat ini.

"Kalau masalah resah, mungkin sudah dikalahkan oleh keterbiasaan. Mereka tetap semangat meskipun kondisi jalan seperti itu, hanya saja dengan kondisi jalan seperti ini pasti masyarakat juga ingin mengalami perubahan. Sebagaimana mestinya jalan itu bagus dan layak untuk dilalui," ujar Salna.

Salna mengatakan, jalan yang rusak hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan sepeda motor. Sementara untuk kendaraan roda empat tidak bisa.

"Belum tembus kalau naik mobil, cuma bisa dilalui dengan jalan kaki dan naik motor," tutur Salna.

Selain ruas jalan yang rusak kurang diperhatikan pihak terkait, masyarakat di kawasan kampung Tandung hingga hari ini sebagian besar belum menikmati fasilitas listrik. 

Bahkan beberapa dari warga hingga saat ini masih mengandalkan generator dan Obor (Pelita) sebagai alat penerang.

"Belum ada masuk kalau listrik, itu semua menjadi kekurangan di Tandung, jadi kalau masalah listriknya hanya pakai generator dan Pelita," beber Salna.


Diketahui bahwa Tandung merupakan salah satu daerah terpencil di Kota Palopo. Hingga kini pemerintah belum juga membangun ruas jalan meski masyarakat setempat sudah resah sejak lama (Arzad).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di akun resmi Fanpage Facebook Inspirasi Timur, dengan klik link https://bit.ly/3pgo7vY 

Previous Post Next Post