PT Vale Tanam Perdana SRI Organik di Sulteng

 MOROWALI  - Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) yang telah dicanangkan PT Vale sejak 2015 di Blok Sorowako kini berekspansi ke area pemberdayaan lainnya.

Kali ini,  PSRLB yang menerapkan  metode System of Rice Intensification (SRI) Organik dihadirkan secara resmi di Blok Bahodopi, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Tanam Perdana Padi SRI Organik PSRLB dilaksanakan secara resmi di areal persawahan Desa Ululere, Kecamatan Bungku Timur, Sulteng, Minggu (13/02/2022).

Tanam perdana SRI Organik dihadir  Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Muharram, Ketua dan anggota Komisi 3 DPRD Sulawesi Tengah, Sonny Tandra, kabid pertambangan umum ESDM sulteng, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Morowali, Andi Irman serta
Camat bungku dan kepala desa area pemberdayaan PT Vale yang menerapkan program ini.

Pemerintah Kabupaten Morowali mengapresiasi program yang dilaksanakan PT Vale, karena sejalan dengan apa yang sedang digalakkan pemerintah saat ini. Apalagi memang, program organik memberikan banyak manfaat utamanya pada lingkungan dan kesehatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Morowali, Andi Irman mengatakan, sejak tiga tahun yang lalu program pertanian organik sudah dikembangkan, diantaranya telah diterapkan di Desa Kolono.

 Desa Kolono menjadi salah satu desa yang menerapkan program SRI Organik dan memiliki sertifikasi organik. Kelompok tani diharapkan untuk senantiasa menjaga ekosistem lahan tersebut agar tetap organik, karena 

“Apa yang dilakukan PT Vale  mendukung dan melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, adalah sesuatu yang harus kita apresiasi dan komitmen petani peserta ajar dan petani-petani lainnya, untuk menjadikan lahan kita adalah lahan organik menjadi sesuatu yang menjadi harapan bersama,”katanya.

Dia menjelaskan, jika  saat ini keberadaan pupuk kimia semakin dikurangi, bahkan kedepan kemungkinan subsidi pupuk untuk petani dicabut, sehingga kalaupun ada harganya pasti akan sangat mahal.Tentunya,  hadirnya pertanian  organik menjadi solusi permanen pembangunan pertanian dalam memenuhi kebutuhan pupuk. 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Muharram menuturkan, program SRI Organik sangat baik, tentunya kedepan juga harus dipikirkan serapan hasil pertaniannya.

Sementara itu, Manager External Relations PT Vale Indonesia Blok Bahodopi, Asriani Amiruddin menuturkan,  program pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan merupakan salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), khususnya masyarakat tani yang berada didaerah pemberdayaan PT Vale Indonesia Tbk di blok Bahodopi.

Program ini tentu mengedepankan skala prioritas tiga kawasan yang sangat dekat dari area operasional. Tiga Kawasan tersebut, kawasan wilayah kerja, kawasan wilayah peran dan kawasan wilayah sosial dengan mengedepankan belajar dari pengalaman, melalui proses belajar secara alamiah mengalami, mengungkapkan, menganalisa, menyimpulkan dan menerapkan.

“Kami berharap program ini bisa memberikan nilai tambah bagi petani, apalagi SRI Organik ini banyak memberikan manfaat tidak saja terhadap lingkungan, tapi juga bisa meningkatkan ekonomi petani,” tuturnya.

Sebelumnya, PT Vale memberikan pendampingan dan pelatihan PSRLB selama 3 bulan yang melibatkan para kelompok tani di empat desa binaan, yaitu Desa Bahomatefe, Desa Bahomoahi, Desa Ululere, dan Desa Kolono. Tanam padi perdana ini merupakan wujud implementasi dari pendampingan dan pelatihan itu sendiri. 

Selain itu, kelompok tani yang juga disebut sebagai warga belajar diberikan pelatihan terkait tanaman herbal, penanaman padi dipekarangan, penanaman sayuran organik, dan penanaman padi di sawah.

Previous Post Next Post