Polres Palopo Mendadak Lakukan Tes Urin kepada Personil Secara Acak


PALOPO - Usai apel pagi jam pimpinan, Kepolisian Resor (Polres) Palopo, Sulawesi Selatan, mendadak melakukan tes urine terhadap personil yang dipilih secara acak, dilaksanakan oleh Urkes serta pengawasan secara ketat oleh Provost, berlangsung di depan Ruang Propam Polres Palopo, Senin (7//2022). 

Kegiatan pemeriksaan tes urine tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Palopo AKBP H. Muh Yusuf Usman, didampingi oleh Wakapolres Kompol Sanodding dan Kasat Resnarkoba AKP Budiawan serta Kasi Propam AKP Idris.

Kapolres Palopo AKBP Muh Yusuf Usman menjelaskan bahwa maksud dilakukannya tes urine yaitu untuk memastikan bahwa tidak ada anggota yang terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba. 

"Kegiatan tes urine ini sengaja dilaksanakan secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada personil Polres Palopo," ucap AKBP Muh Yusuf.

“Tes urine mendadak dilaksanakan guna mendeteksi kemungkinan adanya oknum anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, sehingga dengan tes urine ini bisa diketahui hasilnya,” tambahnya. 


Kapolres Palopo secara tegas pula menyampaikan bahwa dirinya tidak akan segan memberikan tindakan tegas terhadap oknum personil Polres Palopo yang terbukti mengkomsumsi narkoba.

"Saya selaku pimpinan tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas jika diketahui ada oknum personil Polres Palooo yang terbukti mengkomsumsi narkoba," tegas Muh Yusuf.

Dia mengungkapkan, tes urine dilaksanakan dengan menggunakan alat test yang hasilnya bisa diketahui dalam jangka waktu yang sangat cepat setelah dilakukan pemeriksaan, sehingga sulit untuk disembunyikan. 

"Selain itu, Si Propam mengawal ketat pelaksanaan tes tersebut, dari pengambilan urine di kamar mandi hingga hasil tes yang diperlihatkan secara umum pada seluruh personil Polres Palopo ," tuturnya.

Sekedar diketahui, Kapolres Palopo AKBP H Muh Yusuf Usman mengaku bersyukur karena berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada 10 Personil Polres Palopo pada hari ini, tidak ada satu pun yang menunjukan hasil positif. (Evi)

Previous Post Next Post