Juara 1 Fashion Show, Sunardi Renta Putra Daerah Luwu Timur Bangga Kenakan Batik Rongkong
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 


LUWU UTARA - Sunardi Renta (24), putra asal Luwu Timur tampil menawan di panggung Event Fashion Show Wonderful Rongkong, pada Sabtu (27/11/2021) lalu.

Sunardi menjadi peserta nomor urut 6 dalam ajang kontes fashion show yang digelar Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

Dikonfirmasi usai kegiatan, Sunardi mengaku tertarik mengikuti Wonderful Rongkong selain karena tempatnya yang menyuguhkan pemandangan alam, kegiatan ini dinilai menjadi ajang untuk menyuarakan kepeduliannya terhadap budaya.

"Iya benar saya asli Luwu Timur dan saya tertarik mengikuti fashion show karena saya suka wisatanya, saya juga merasa ini kesempatan saya untuk menyuarakan kepedulian terhadap budaya kepada pemuda," terang Sunardi.

Sunardi sendiri tampil mengenakan batik Rongkong motif Roto bagian leher dan motif Sekong Sirenden Sipomandi untuk bagian dada, sementara bagian pinggiran menggunakan sarung/celana.

"Pakaian yang saya gunakan saya rancang sendiri dibantu oleh Tampan Tailor putra daerah Luwu Utara untuk menyempurnakan jahitannya," sambungnya.

Performa Sunardi pun kian menawan dengan perpaduan kain lebar yang dibentuk seperti celana, dimana pemasangannya menggunakan teknik draping tidak dijahit atau hanya menggunaan pentul.

Adapun modelnya, lanjut Sunardi terinspirasi dari baju Kimono Jepang bentuk cardigan. Harapannya dengan model tersebut bisa menggairahkan generasi muda untuk lebih menyukai batik.

"Karena sasaran saya kan anak muda biar mereka bisa lihat dan mau menggunakan batik karena kebanyakan dari pemuda beranggapan batik itu hanya untuk orang tua, makanya saya buat seperti itu biar mereka bisa lihat ternyata bisa dimodifikasi dan terlihat keren," harap Sunardi.

Ia sendiri mengaku bangga bisa terlibat dan ikut serta dalam event Wonderful Rongkong, terlebih Ia menilai Rongkong layak untuk dipromosikan.

"Semoga ini bisa menginspirasi, khususnya untuk generasi muda mau menjaga dan melestarikannya karena kalau bukan kita yg menjaga dan melestarikannya siapa lagi?," pungkas Sunardi.

Diketahui, Sunardi tampil bersama 19 peserta Fashion Show lainnya yang berasal dari Palopo, Rongkong, Sabbang, Sabbang Selatan, Baebunta, Masamba, Mappedeceng dan Bone-Bone.

Sunardi sendiri menjadi juara pertama dalam Fashion Show Tenun dan Batik Rongkong kategori Putra, sementara kategori putri diraih Vivianti Sikamba asal Kabupaten Luwu Utara. (IP)


Previous Post Next Post