Dewan Juri Fashion Show Tenun Rongkong, Desainer Iskandar Yusri Bangga Jadi Orang Luwu Utara
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
- Event Pesona Luwu Utara Wonderful Rongkong yang sukses digelar di Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara selama dua hari, 27 – 28 November 2021, rupanya memberikan kesan yang begitu mendalam bagi seorang Iskandar Yusri.

Iskandar Yusri adalah salah satu juri Fashion Show Tenun Rongkong dan Batik Rongkong pada Event Pesona Luwu Utara Wonderfull Rongkong. Mungkin nama dia belum begitu familiar di Tana Luwu, tapi di Yogyakarta, nama dia cukup dikenal sebagai desainer andal.

Iskandar adalah pria asal desa Ujung Mattajang Mappedeceng. Dikenal sebagai desainer yang sudah malang melintang di industri fashion tanah air. Ia acap kali mengikuti perhelatan fashion show di Jakarta, Surabaya, Bali, dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Saat ini Iskandar Yusri memiliki sebuah karya desain dengan brand Salvadora by Andar Yusri yang fokus pada style busana muslim pria dan casual style pria. Ciri khas koleksi desain pria kelahiran 11 November 1986 ini adalah busana pria bermotif etnik muda dan kekinian.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Luwu Utara yang memberikan kita peluang bergerak agar bisa lebih maju dan berkembang serta mengangkat kearifan lokal Luwu Utara, yaitu batik Rongkong, di tingkat nasional,” kata Iskandar, Senin (29/11/2021), di Masamba.

Bahkan, kata dia, melalui event ini, tenun dan batik Rongkong bisa lebih meng-Indonesia, bahkan mendunia. 

“Mari kita lebih giat lagi untuk mengembangkan bakat kita. Jangan kendor, karena pemerintah selalu bersama kita,” kata Iskandar dengan penuh semangat.

Tak hanya itu, kepada Bupati, pria yang sempat belajar fashion secara otodidak ini juga menyampaikan ucapan terima kasih atas digelarnya Event Pesona Luwu Utara Wonderful Rongkong yang menurutnya begitu memesona, sehingga menjadi magnet bagi daerah lain.

“Terima kasih kepada ibu Bupati Indah Putri Indriani yang telah memberikan ruang kepada masyarakat Luwu Utara, sehingga kerajinan tangan masyarakat dapat lebih dikenal secara luas di Indonesia, seperti tenun Rongkong dan batik Rongkong,” ucap dia menambahkan.

Ucapan yang sama, ia sampaikan kepada penyelenggara kegiatan, dalam hal ini Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata bersama seluruh jajarannya. 

“Semoga event-event seperti ini bisa mendapatkan income yang positif bagi seluruh masyarakat Luwu Utara,” harapnya.

Iskandar Yusri berharap kegiatan seperti ini berkelanjutan, dan menjadi kegiatan tahunan Pemda Lutra dalam rangka promosi wisata. 

“Sebagai orang Luwu Utara, saya bangga menjadi juri di event berkelas seperti ini,” pungkas desainer Iskandar Yusri.

Sekadar diketahui, untuk juara pertama Fashion Show Tenun dan Batik Rongkong Putra diraih Sunardi Renta asal Burau Luwu Timur, dan juara pertama Fashion Show Tenun dan Batik Rongkong Putri diraih Vivianti Sikamba asal Kecamatan Bonebone Kabupaten Luwu Utara.

Untuk diketahui pula, Event Pesona Luwu Utara Wonderful Rongkong adalah event wisata yang diinisiasi Disporapar Luwu Utara. 

Selain Fashion Show, terdapat pula event lainnya, seperti Mountain Bike, Kemah Pesona Indonesia, Festival Kopi Rongkong, Performance Musik Akustik, dan Wisata Vaksin. (*/LH)


Previous Post Next Post