Tertarik Dengan Potensi Alam Sulsel, Dubes Republik Ceko Temui Plt Gubernur

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček bersama rombongan di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, di Makassar, Senin (25/10/2021).

Plt Gubernur menjelaskan, kedatangan Jaroslav yang di dampingi istri dan Konsulat kehormatan Republik Ceko, Subhan Alwi Hamu, yakni untuk membicarakan kemungkinan kerjasama Pemprov Sulsel dengan Pemerintah Republik Ceko.

"Jadi mereka mau melihat potensi termasuk disektor pertambangan. Mereka juga mau melihat sistem hydroplan atau pembangkit listrik tenaga air, dan melihat potensi lainnya, termasuk kereta api juga mereka mau lihat," katanya.

Selain pertambangan dan pembangkit listrik, Plt Gubernur juga mengaku ada beberapa sektor lainnya yang menjadi tawaran Pemprov Sulsel untuk dikerjasamakan, diantaranya di sektor pertanian dan pariwisata.

"Saya tadi tawarkan terkait tindak lanjut pangan, padi, pertanian lainnya juga kalau ada potensi ekspor impor kedua negara," ungkapnya.

Bahkan, kata Plt Gubernur, Dubes Republik Ceko cukup tertarik dengan potensi alam yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan. Untuk itu, pihak Dubes Ceko mengaku akan mengirim tim terlebih dahulu untuk melihat beberapa potensi yang dapat dikerjasamakan di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Jaroslav Doleček mengaku tertarik dengan potensi alam yang dimiliki Sulawesi Selatan untuk dapat dikerjasamakan. Selain di sektor pertanian, sektor pertambangan khususnya nikel menjadi salah satu potensi yang diliriknya.

Tidak hanya itu, ketertarikannya ke Sulawesi Selatan juga karena daerah ini merupakan hub dari Kawasan Indonesia Timur yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dibawah kepemimpinan Plt Gubernur.

"Kami tahu Sulsel ini hub dari Indonesia bagian timur. Kami juga melihat pertumbuhan ekonomi Sulsel juga cukup meningkat secara signifikan," tegasnya.

Duber Republik Ceko ini pun berharap ada kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Republik Ceko dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi alam yang dimilikinya.

Previous Post Next Post