Pesawat Tergelincir di Bandara Aminggaru Ilaga Papua, Pilot Tewas
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PAPUA
- Sebuah pesawat perintis jenis Caravan milik Smart Air dengan registrasi PK-SNN router yang diduga membawa sejumlah barang dilaporkan mengalami kecelakaan.

"Pada 25 Oktober 2021, Pukul 07.25 WIT di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kab. Puncak telah terjadi kecelakaan (tergelincir) pesawat Smart Air dengan Kode Penerbangan PK-SNN router dari Bandara Mozes Kilangin Kab. Timika ke Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kab. Puncak," demikian bunyi laporan tertulis yang diterima awak media.

Dalam laporan itu menyebutkan pula, Capt Kuntardi selaku pilot pesawat dilaporkan meninggal dunia di Puskesmas Ilaga pada pukul 08.10 WIT. Sementara Co Pilot, Baskoro dilaporkan mengalami luka-luka dan dalam kondisi sadar.


Sementara dari foto-foto yang beredar, pesawat cargo tersebut hancur setelah menabrak landasan. Pada bagian depan pesawat tampak rusak parah. 

Beberapa barang yang terangkut terlihat berserakan di bagian badan pesawat yang terserak di atas landasan bandara. Hingga saat ini pesawat masih berada di landasan Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak.

Tampak juga foto yang memperlihatkan sejumlah petugas membersihkan puing maupun kotoran tanah tak jauh dari pesawat nahas tersebut. Beberapa aparat TNI juga tampak memeriksa kondisi pesawat.


Kepala UPBU Bandara Ilaga Herman Sujito membenarkan peristiwa kecelakaan pesawat tersebut. Namun dia belum merinci secara detail terkait kecelakaan pesawat itu. Pihaknya masih mengumpulkan data terkait peristiwa tersebut.

"Iya ada kecelakaan pesawat, datanya masih dikumpulkan," kata Herman, Senin (25/102021).

Kecelakaan pesawat kargo itu dibenarkan Kapolres Ilaga Kompol I Nyoman Punia. Nyoman mengatakan pesawat mengalami kecelakaan pada pagi ini.

"Iya betul, tadi pukul 07.25 WIT, pesawat Smart Air, pesawat kargo. Kami masih melakukan pengumpulan data," tutur Nyoman. (*)



Previous Post Next Post