Ditinjau Wabup Luwu Utara, Progres Pembangunan 72 Unit Huntap Porodoa Capai 70 Persen
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur kembali meninjau progres pembangunan Hunian Tetap (Huntap) untuk warga terdampak banjir bandang di Dusun Porodoa, Kecamatan Mappedeceng, pada Kamis (28/10/2021) kemarin.

Hasilnya, pembangunan huntap sebanyak 72 unit bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu sudah hampir rampung atau mencapai 70 persen.

"Alhamdulillah sedikit lagi rampung, insyaAllah bisa selesai sesuai target sehingga bisa segera difungsikan," ucap Suaib saat dikonfirmasi usai melakukan peninjauan.

Suaib menjelaskan, huntap yang terbangun di Dusun Porodoa saat ini merupakan bantuan dari Kementerian PUPR melalui program Pembangunan Rumah Khusus.

"Jadi kementerian punya program yang namanya Pembangunan Rumah Khusus itu diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak bencana, karena rumah khusus, tampilannya cukup berbeda dari huntap lainnya yang sementara terbangun di beberapa lokasi berbeda saat ini," sambungnya.

Adapun peruntukannya, akan diutamakan bagi warga terdampak banjir yang lokasi rumahnya berada di bantaran sungai khususnya yang terdampak pembangunan tanggul.

"Peruntukannya juga khusus, karena ini rumah khusus, jadi untuk warga yang terdampak, baik yang berada di kecamatan Masamba maupun Radda kalau rumahnya dilintasi tanggul (yang dibangun oleh Kementerian) itu bisa mendapatkan huntap khusus ini," terang mantan Kadis PUPR ini.

Pemerintah sendiri akan memastikan data penerima huntap tepat sasaran. "Itu nanti dikroscek kembali oleh pemanfaatnya yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara dan Dinas PU melalui Bidang Perumahan," jelas Suaib.

Diketahui, tidak hanya di Dusun Porodoa Kecamatan Mappedeceng, pembangunan Hunian Tetap untuk warga terdampak banjir bandang ketegori rumah rusak berat  tersebar di beberapa titik, di antaranya ada di Sepakat dan di Desa Radda Kecamatan Baebunta. (IP)


Previous Post Next Post