Komitmen Pembangunan Berkelanjutan, Plt Gubernur Sulsel Sebut Sejak Tahun 2019-2021 Sudah Gelontorkan Rp 285 Miliar untuk Tana Toraja

TORAJA - Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengaku, bahwa komitmennya menjadikan Toraja sebagai objek pembangunan sejak awal kepemimpinannya di tahun 2018.

"Mulai tahun 2019 sampai sekarang, tidak ada perubahan dalam arah kebijakan kami. Bagaimana menjadikan kualitas standar untuk pariwisata dan sistem transportasi infrastruktur jalan di Tana Toraja. apa yg kami lakukan mulai 2019 sampai sekarang kita terus membantu. Ini merupakan wujud komitmen kita. Mulai tahun 2019-2021 (bantuan keuangan dan pembangunan APBD Provinsi), Tana Toraja sudah dapat sekitar Rp 285 Miliar," ungkap Andi Sudirman dalam Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka 774 Tahun Toraja dan 64 Tahun Kabupaten Tana Toraja di Gedung Tammuan Mali, Makale, Tana Toraja, Sabtu (4/9/2021).

Anggaran yang besar digelontorkan oleh Pemprov Sulsel untuk Tana Toraja, kata dia, tidak terlepas dari dukungan DPRD Sulsel. "DPRD turut memberi masukan, kami hanya mengusulkan, memprogramkan, dan melaksanakan dengan Pemda Tana Toraja. Hal ini dilakukan untuk kemaslahatan dan kepentingan orang banyak," tegasnya.

Untuk Tahun 2022, dirinya mengaku, bahwa Pemprov berfokus pada pembangunan infrastruktur jalan berdasarkan kebijakan dengan memprioritaskan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi. "Motto kami membangun yang berkelanjutan dan berkeadilan. Tidak boleh ada sekat dalam pembangunan, tidak memandang dari mana. Namun bagaimana masyarakat bisa merasakan apa yang kita kerjakan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehadiran Andi Sudirman pada Hari Jadi yang pertama bagi era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Zadrag Tombeg. "kiranya ini akan memberikan spirit dan inspirasi serta semangat kami (bersama Wakil Bupati) dalam memenuhi harapan masyarakat Tana Toraja. Kami hadir mengusung visi bangkit, produktif dan tangguh menuju tatanan kehidupan yang baik. visi ini akan mampu menggerakan, menuntun dan menginspirasi seluruh pemimpin tokoh masyarakat dan masyarakat untuk tidak larut dalam tekanan pandemi Covid-19," jelasnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk bangkit bergerak, berinovasi, berkreasi dan mendorong peningkatan kinerja dan produktivitas dalam mengelola dan mengoptimalkan berbagai potensi daerah yang dimiliki.

"kita bersyukur dan berterima kasih bahwa selama ini kita mendapat support dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sampai saat ini dan juga dari pemerintah pusat yang memberikan banyak dukungan dan bantuan," katanya.

Peringatan hari jadi ini mengusung tema yakni 'Memperkuat Ketahanan Sosial Melalui Hidup Saling Berbagi'.
Previous Post Next Post