Vaksinasi Tahap Tiga untuk Nakes, Juga Sasar Forkopimda di Toraja Utara, Begini Alasannya

SPACE PANJANG

 





TORAJA UTARA - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, telah melaksanakan vaksinasi tahap ketiga yang diperuntukkan khusus bagi tenaga kesehatan, Selasa (10/8/2021) lalu.

Meski vaksin Moderna ditujukan hanya untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang sudah menjalani 2 kali vaksin sebelumnya, namun di Toraja Utara juga diikuti pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Dalam pelaksanaan vaksinasi vaksin Moderna yang digelar di lantai 2 kantor Bupati Toraja Utara, didahului oleh Forkopimda, yakni Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V Palimbong, selanjutnya Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wiradjati Kusuma, Ny. Damayanti V Palimbong, dan selanjutnya para tenaga medis.

Wakil Bupati Toraja Utara  Frederik Victor Palimbong yang juga ikut divaksin tahap tiga mengatakan vaksin tahap tiga yang tiba ada kelebihan sehingga diberikan ke Forkopimda yang juga bagian dari Satgas Covid-19 Toraja Utara.

“Vaksin yang kami terima adalah Moderna dan Sinovac, satu untuk Nakes dan satu untuk umum, kami menerima 73 vial vaksin Moderna artinya ada sekitar 1.022 dosis. Untuk kebutuhan Nakes ada 700an dan ada penyintas  sekitar 40 orang, artinya lebih dari cukup, sehingga dalam dialog dengan Forkopimda se Sulawesi Selatan ada wacana yang dia sampaikan bahwa daripada sembunyi-sembunyi lebih bagus kita sampaikan juga bahwa Forkopimda memiliki resiko yang tinggi yang tidak kalah dengan Nakes,” kata Frederik, saat dikonfirmasi, Jumat (13/08/2021).

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengatakan yang diprioritaskan adalah tenaga kesehatan namun karena mobilitas Forkopimda juga tinggi sehingga wajar didahulukan dan tidak menyalahi aturan seperti bupati atau wakil bupati dan Kapolres Toraja Utara

“Forkopimda juga inikan bagian dari Satgas Covid-19, dan tentu juga kan banyak ketemu orang, bukan berarti mengambil jatah Nakes, tetapi   ini kalau disuntikan semua ke Nakes saya pikir masih ada juga yang tersisa. Saya kira ini masih dalam tataran tidak menyalahi aturan jika itu para anggota Forkopimda divaksin termasuk saya karena banyak ketemu orang,” ucap Yohanis.

Data Satgas Covid-19 Toraja Utara, jumlah warga Toraja Utara yang sudah divaksin sebanyak 49.009 orang dosis pertama, dan yang telah disuntik dosis kedua sebanyak 39.467 warga.

Jumlah vaksin pertama dan kedua ini gabungan dari lima kategori. Di antaranya SDM kesehatan, Pelayan Publik, Lansia, Masyarakat Umum Dan Rentan Serta Pelajar Umur 12-17 Tahun, dengan jumlah target vaksinasi Tana Toraja sebanyak 223.807 orang. (*)

Previous Post Next Post