Tinjau Lokasi Pasca Banjir di Kecamatan Ponrang, Bupati Luwu Paparkan Penyebab Banjir

LUWU - Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang meninjau tiga desa terdampak banjir di Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, yang mengakibatkan ribuan rumah warga terendam pada Senin (29/08/2021) kemarin.

Di dampingi Kepala Dinas Sosial, Masling, Kepala Satpol PP, Andi Iskandar dan Kepala Pelaksana BPBD, Rahman Mandaria, Bupati Luwu meninjau beberapa titik diantaranya posko dapur umum di Kelurahan Padang Sappa kemudian berlanjut meninjau aliran sungai di Desa Mario, dan Desa Tirowali.

Saat meninjau dapur umum di Kelurahan Padang Sappa, Basmin mengapresiasi kesigapan KSB Bua dan KSB Ponrang yang telah mengikuti pelatihan pada Juli lalu dan kini berpartisipasi penuh dalam penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Ponrang.


Ditanya terkait penyebab banjir, Basmin memaparkan bahwa selain curah hujan yang tinggi juga diakibatkan minimnya jalur pembuangan air yang melalui jalan poros Palopo-Belopa.

"Banjir terjadi disebelah barat jalan akibat pembuangan air yang tadinya ini banyak jembatan sekarang berubah menjadi gorong-gorong," papar Basmin, Selasa (31/08/2021).

Pihaknya telah mengusulkan pada pemerintah pusat melalui balai besar jalanan dan jembatan untuk memperbesar saluran air pembungan air dengan membangun jembatan, namun hingga kini belum terealisasi.

"Disini dulu banyak jembatan, namun tahun 1982 jalanan ini dibangun dan jembatan-jembatan itu diperkecil bahkan ada yang ditutup," imbuhnya.

Ia menambahkan harapannya agar jembatan untuk saluran air dapat segera dibangun sehingga ketika terjadi hujan lebat tidak terjadi banjir.

Previous Post Next Post