68 Vial Vaksin Moderna Tiba di Luwu Utara, Prioritas untuk Nakes Dapat Suntikan Booster Dosis Ketiga

SPACE PANJANG

 





LUWU UTARA – Tenaga Kesehatan (Nakes) di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, akan mendapat suntikan Booster atau vaksin tahap ketiga. Hal ini dilakukan setelah vaksin Moderna tiba di Luwu Utara pada Selasa (3/8/2021) malam lalu sebanyak 68 vial.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan pelaksanaannya sementara dipersiapkan karena secara tekhnis memang agak berbeda.

“Tentu harapan kami secepatnya dilaksanakan karena fokusnya ke Nakes yang terutama betul-betul menangani langsung Covid-19, karena juga terbatas dosisnya,” tutur Indah.

Indah mengatakan, dirinya sempat bermohon untuk bisa disuntik vaksin ketiga namun karena sesuai petunjuk tekhnis bahwa hanya Forkopimda yang menangani langsung Covid-19 yang boleh menerima suntikan vaksin tahap tiga.

“Saya kemarin bermohon dan beberapa kepala daerah berharap terutama yang aktif ke lapangan, informasinya diperbolehkan hanya saja sangat selektif dan petunjuk Plt Gubernur Sulsel itu diijinkan hanya Forkopimda yang menangani langsung, tapi intinya kita fokus dululah ke Nakes karena banyak juga Nakes kita yang terpapar kemarin-kemarin terutama dalam kegiatan vaksinasi,” jelasnya.

Selain vaksin moderna, Luwu Utara juga menerima 350 vial vaksin sinovac dengan jumlah satu vial berisi 10 dosis, yang akan menyasar 3.500 orang. 

“Kemungkinan untuk vaksin Sinovac ini hanya habis dalam 2 sampai 3 hari kedepan mengingat antusias warga untuk menjalani vaksin cukup tinggi,” tambah Indah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma mengatakan satu vial berisi 14 dosis yang diperuntukan untuk tenaga kesehatan.

“Jadi 952 sasaran vaksin booster atau Moderna yang khusus diperuntukan bagi tenaga kesehatan yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Marhani, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (05/8/2021).

Menurut Marhani, untuk Vaksin Moderna ini diperuntukan bagi warga khususnya Nakes yang sudah menjalani vaksin 2 kali. 

“Mereka yang mendapat vaksin sebelumnya sebanyak 2 kali akan mendapat vaksin ketiga dengan cara sudah lewat 3 bulan dari vaksin ke 2,” ucap Marhani.

Marhani menjelaskan Vaksin Moderna yang telah ada saat ini belum sepenuhnya meng-cover seluruh Nakes yang sudah mendapat suntikan Vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua. 

“Saat ini kurang lebih 1.500 Nakes sudah mendapatkan dosis vaksin sinovac, dengan adanya vaksin Moderna tentu belum semua Nakes kebagian dan harapan kami semoga kedepan vaksin Moderna kembali bisa diterima untuk lebih memberikan dampak perlindungan terhadap Nakes dari penularan Covid-19,” ujar Marhani. 

Lanjut Marhani, pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga bagi Nakes akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Pelaksanaan akan segera dimulai dalam waktu dekat, hanya saja saat ini kami akan menghabiskan terlebih dahulu vaksin Sinovac yang sementara berjalan,” pungkasnya. (*)

Previous Post Next Post