1,8 Juta Capaian Vaksinasi Sulsel, Plt Gubernur : Ayo Bersama TNI-Polri Semangat Kebut Vaksinasi

SPACE PANJANG

 




MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

Tertanggal 21 Agustus 2021, dari data Dinas Kesehatan Sulsel disebutkan, jumlah capaian vaksinasi di Sulsel sebanyak 1,8 juta atau 26,85% dari total target vaksinasi sebesar 7 juta.

Meski begitu, masih ada beberapa wilayah yang kurang dari 20% sasaran vaksinasi, diantaranya Kabupaten Jeneponto (13,60), Bone (16,84), Gowa (17,48), Sidrap (17,80), Toraja Utara (19,24).

Olehnya itu, Andi Sudirman terus mendorong upaya kebut vaksinasi Covid-19 di Kabupaten/Kota di Sulsel. "Ayo teman-teman bersama jajaran TNI-Polri, mari kita saling bahu membahu semangat Kebut Vaksin untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) bersama," ungkap Andi Sudirman, Minggu (22/8/2021).

Mendukung upaya percepatan vaksinasi, Plt Gubernur Sulsel pun juga telah menghadirkan inovasi Mobile Vaccinator. Mobile vaksinator akan melayani kelompok masyarakat, sehingga diharapkan pada proses pelaksanaan vaksinasi tidak terjadi kerumunan. Mobile vaccinator ini terintegrasi dengan telemedicine hallo dokter dan Fasilitas Isolasi Terintegrasi.

Untuk saat ini, Mobile Vaccinator berfokus menyasar semua area penyebaran di wilayah aglomerasi Mamminasata yang terdiri dari Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. Jika target vaksinasi telah dicapai maka juga dapat menyasar wilayah di Kabupaten/Kota lainnya. 

Salah satu pelayanan mobile vaccinator pada 21 Agustus 2021 kemarin, dilakukan vaksinasi sekitar 1.000 pelajar SMA/sederajat yang berlangsung di SMA 22 Makassar. Juga baru saja dilakukan di Kantor Kejati Sulsel pada 20 Agustus 2021, dengan sasaran vaksinasi sekitar 30 orang.

Secara total terdapat 18 unit kendaraan yang digunakan, terdiri dari 9 bus dari Dinas Perhubungan dan 9 ambulance dari Rumah Sakit Pemprov Sulsel dan Satgas Covid-19 Sulsel. Dimana jika bus Mobile Vaksinator berkeliling untuk melakukan vaksinasi akan didampingi dengan satu ambulans.

Berdasarkan instruksi Mendagri Nomor 31 dan 32 Tahun 2021 adapun peta level wilayah PPKM Kabupaten/Kota di Sulsel diantaranya Level 2 di Kabupaten Pinrang; Level 4 yakni Kota Makassar dan Kabupaten Luwu Timur; sementara Level 3 ada 21 Kabupaten Kota yakni Maros, Pangkep, Barru, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Sidrap, Soppeng, Wajo, Bone, Luwu, Luwu Utara, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Kepulauan Selayar, Pare-Pare dan Palopo.

Previous Post Next Post