Meski Pemkot Keluarkan Surat Edaran untuk Shalat Idul Adha dì Rumah, Warga Palopo Tetap Shalat Berjamaah di Masjid
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO – Pada perayaaan Idul Adha tahun ini, sebahagian warga kota Palopo, Sulawesi Selatan tumpah ruah melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid, Selasa (20/7/2021).

Meski sebelumnya pemerintah Kota Palopo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama MUI dan sejumlah Ormas Islam mengeluarkan surat edaran meniadakan shalat Idul Adha di lapangan terbuka dan masjid di Kota Palopo.

Pelaksanaan Shalat Idul adha di Masjid Agung Palopo berlangsung khidmat, warga sejak subuh sudah berduyung-duyung untuk mencari tempat terutama dalam ruangan masjid, padatnya jemaah membuat sebahagian warga berada di halaman masjid untuk melaksanakan salat idul adha.

Pelaksanaan shalat Idul adha dipimpin oleh imam H.Baharuddin dan khatib Habib Faisal, usai salat Idul adha warga terlihat saling bersalam-salaman atau saling memaafkan satu sama lain guna memaknai arti pengorbanan nabi Ismail.

Dari pantauan di lokasi, sebahagian warga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan membawa handsanitizer untuk menghindari penyebaran covid-19, juga terlihat ada yang menerapkan pembatasan atau jarak antar jemaah.

Arzad, salah seorang warga mengatakan, mereka tetap melaksanakan shalat idul adha meski sudah ada imbauan untuk melaksanakan salat di rumah saja.

“Setelah saya lihat banyak yang ke masjid agung untuk salat idul adha saya pun turut kesana apalagi takbir sudah menggema berkumandang, yang penting saya tetap terapkan protokol kesehatan,” kata Arsad, saat dikonfirmasi, Selasa (20/7/2021).

Selain masjid Agung kota Palopo, masjid-masjid lain juga merayakan idul adha seperti Masjid Jami dan masjid-masjid di kelurahan dalam Kota Palopo. 

Diketahui, sebelumnya Pemerintah Kota Palopo bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forkominda dan sejumlah pihak terkait, mengeluarkan surat edaran bersama terkait perayaan Hari Raya Idul Adha di Kota Palopo. Surat edaran bersama Nomor 451/256/Kesra/VI/2021 ditandatangani Walikota Palopo, HM Judas Amir dan sejumlah tokoh terkait, sebagai panduan bagi umat muslim di kota ‘Idaman’ ini dalam merayakan hari raya kurban.

isi surat edaran tersebut, yakni pelaksanaan shalat Idul Adha ditiadakan di lapangan terbuka dan masjid.

Untuk itu, umat muslim di Kota Palopo diminta menunaikan shalat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga. (*)

Previous Post Next Post