Sapi Kurban Seberat 1,41 Ton Sumbangan Presiden Jokowi, Disembelih di Halaman Masjid Agung Palopo
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO - Penyembelihan sapi kurban sumbangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berlangsung di halaman Masjid Agung Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (20/7/2021).  

Pada penyembelihan tersebut, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, panitia dan penjagal menggunakan masker saat penyembelihan sapi kurban.

Tempat penyembelihan berlangsung di tempat yang sudah terpagar berukuran 7 meter kali 5 meter  sehingga bebas dari kerumunan warga. 

Sapi kurban sumbangan Jokowi bernama Hiro tersebut memiliki berat 1,41 ton dibeli dari kelompok peternak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan  sebesar Rp 73 juta.

Walikota Palopo, Judas Amir mengatakan pemberian sapi kurban dari presiden RI Joko Widodo di Sulawesi Selatan hanya di Kota Palopo atas dukungan Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

“Di Sulsel hanya Kota Palopo yang diberi Sapi Kurban oleh Jokowi melalui pak Plt Gubernur Sulsel, baru saja sudah disembelih, setelah rampung sesuai mekanisme yang diatur akan dibagikan oleh panitia ke rumah warga yang sudah terdaftar,” kata Judas saat dikonfirmasi di lokasi,Selasa.

Menurut Judas penyaluran oleh panitia ke lurah dilakukan untuk menghindari penyebaran covid-19 mengingat Kota Palopo masih tinggi penyebarannya.

“Masing-masing lurah akan datang mengambil daging untuk diserahkan ke masing-masing warga yang sudah terdata untuk menerima, hal ini dilakukan untuk mendukung supaya penanganan covid-19 di Palopo dapat dilaksanakan dengan baik tentunya untuk kepentingan warga semua supaya covid-19 dapat diatasi,” ucap Judas.

Adanya sumbangan dari Presiden RI Joko Widodo, Wali Kota Palopo, berterima kasih dan berharap Joko Widodo mendapat kesehatan.

“Semoga bapak Presiden RI Joko Widodo lebih sehat lagi, diberikan kecerdasan untuk memimpin kita semua sehingga negara kesatuan RI ini bisa tetap jaya untuk selama-lamanya,” ujar Judas.

Selain Sapi Kurban sumbangan Jokowi, pemerintah Kota Palopo juga menyembelih hewan kurban Sapi sebanyak 586 ekor dan Kambing 50 ekor.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, Taufik mengatakan kelayakan hewan kurban di Kota Palopo khususnya Sapi Kurban sumbangan Joko Widodo sudah melalui mekanisme pemeriksaan oleh tim kepresidenan, kementerian pertanian dalam melakukan seleksi.

“Jadi Sapi ini sudah dinyatakan layak baik pemeriksaan ante mortem maupun post mortem,” tutur Taufik. (*)

Previous Post Next Post