Jalan Utama di Latimojong berubah Jadi Aliran Sungai Deras
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU – Jalan utama menuju Latimojong, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, tiba-tiba berubah menjadi sungai setelah diguyur beberapa hari terakhir.

Kejadian tersebut diketahui setelah video banjir menerjang jalan utama di Latimojong beredar di grup WhatsApp, Sabtu (24/7/2021).

Dalam video yang di rekam warga tersebut, terlihat jalan penghubung antar desa menjadi aliran sungai yang mengalir deras dengan warna air yang keruh. 

Dua orang terlihat menepi di pinggir jalan sementara itu terlihat pula 2 unit kendaraan roda dua terparkir di pinggir jalan.

Camat Latimojong, Supriadi mengatakan banjir tersebut terjadi pada Jumat (23/7/2021) sore sekitar pukul 15.00 Wita di Desa Rante Balla.

“Kejadiannya di Desa Rante Balla, jalan tersebut jalan utama yang menghubungkan antara Desa Rante Balla dengan Desa Bone Posi,” kata Supriadi saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Supriadi jalan tersebut akan segera dibenahi dengan salah satu perusahaan yang beroperasi di lokasi tersebut.

“Hari ini diupayakan bisa dilewati warga, rencana hari ini juga akan dibenahi oleh PT Masmindo Dwi Area dengan menggunakan alat berat atau escavator,” ucap Supriadi.

Sementara itu Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Aminuddin mengatakan kejadian itu akibat debit air di jalan bertambah setelah hujan deras dengan panjang jalan sekitar 500 meter.

“Debit air mengalami peningkatan di jalan dan tidak mampu menyalurkan ke salurannya karena aliran air sebagian sudah tertutupi sedimen sebelumnya, air itu berasal dari gunung dan meluap ke jalan sementara di sisi jalan yang mengarah ke jurang terdapat pembatas sehingga air mengikuti jalan,” ujar Aminuddin.

Lanjut Aminuddin, untuk membenahi jalan tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

“Koordinasi dengan beberapa pihak sudah dilakukan seperti Camat Latimojong, Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) dan perusahaan swasta yang beroperasi di lokasi yakni PT Masmindo Dwi Area, dan pihak perusahaan bersedia untuk melakukan kerjasama membenahi,” tutur Aminuddin. 

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun harta benda, hanya saja jalan tersebut sempat tidak dilewati warga dan akan segera dibenahi. (*)

Previous Post Next Post