Inspirasi Timur

 



LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyambut baik pelaksanaan pembangunan 897 unit hunian tetap (huntap) bagi korban bencana banjir bandang oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencan (BNPB). Indah berharap 897 unit huntap ini selesai dibangun dan dapat dimanfaatkan masyarakat korban bencana pada akhir tahun 2021.

“Hunian tetap yang akan dibangun sekitar 897 unit dapat segera rampung pada akhir tahun ini sebagai kado tahun baru bagi masyarakat Luwu Utara,” harap Indah saat menerima kunjungan perwakilan BNPB, Jumat (21/5/2021), di ruang kerja Bupati. Dua perwakilan BNPB tersebut adalah Kasubdit Pemulihan dan Peningkatan Perumahan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Agus Riyanto, dan Kasubdit Inventarisasi dan Analisis Kebutuhan Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Syavera.

Guna mewujudkan percepatan pembangunan 897 unit huntap, Bupati Luwu Utara dua periode ini berharap ada sebuah masterplan yang dapat dibuat sebagai pedoman, sekaligus panduan dalam rangka mengakselerasi pembangunan huntap. Ia mengatakan, pembuatan masterplan pembangunan huntap menjadi sangat penting, karena ada beberapa stakeholder yang terlibat dalam pembangunan huntap tersebut. 

“Beberapa pihak terkait, seperti Balai Sungai, Balai Jalan, Dinas PUPR, Dinas PRKP2, serta BPBD, saya harap duduk bersama untuk membuat masterplan agar dapat diketahui siapa berbuat apa,” jelas Indah. Untuk itu, ia meminta support dan dukungan dari stakeholder terkait untuk segera menindaklanjuti pembuatan masterplan pembangunan huntap di Luwu Utara. 

Sementara Kasubdit Inventarisasi dan Analisis Kebutuhan Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Syavera, berharap data terkait huntap yang masih kurang agar segera dilengkapi. “Kita baru saja melihat secara visual terkait pembangunan huntap, dan kami harap data yang masih kurang segera dilengkapi,” harapnya. Senada itu, Kasubdit Pemulihan dan Peningkatan Perumahan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi, Agus Riyanto, mengungkapkan, dana pembangunan huntap akan dikirim melalui rekening BPBD Luwu Utara.

“Dananya sudah siap, pekan depan kita akan transfer melalui rekening BPBD Luwu Utara. Dana tersebut untuk membangun 897 unit huntap yang nantinya setiap kepala keluarga akan mendapatkan lahan seluas 8 x 19 meter dengan tipe hunian 36. Kita juga sudah lihat langsung lahan yang sudah dibebaskan oleh Pemda Luwu Utara, yang nantinya akan dibangunkan hunian tetap tipe 36,” tandas Agus. (Am/LH)


Previous Post Next Post