Tarawih Awal Ramadhan, Ini Himbauan Bupati Luwu

 


LUWU - Mengawali bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah, Bupati Luwu, Basmin Mattayang melaksanakan shalat tarawih pertamanya di Masjid Agung Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Senin (12/4/2021).

Sebelum melaksanakan shalat tarawih, Ceramah agama diisi oleh Bupati Luwu dengan menyampaikan beberapa himbauan, antara lain Bupati Luwu mengajak masyarakat untuk secara bersama- sama membersihkan fasilitas ibadah, seperti masjid dan mushollah.

“Bagi saudara- saudara yang tidak melaksanakan kewajiban puasa agar tetap memelihara suasana yang damai dan saling menghormati, yaitu dengan tidak makan, minum dan merokok pada siang hari di tempat- tempat terbuka serta kepada seluruh masyarakat agar tidak membunyikan petasan atau semacamnya yang dapat mengganggu kekhusyu’an ibadah, ”kata H Basmin Mattayang.

Pemilik restoran/rumah makan juga dihimbau agar tidak buka disiang hari. kepada aparat pemerintah dan aparat keamanan, Bupati meminta agar lebih proaktif dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi pelaksanaan ibadah kaum muslimin dengan mengawasi segala kegiatan yang ditenggarai dapat menggangu kekhusyu’an dalam menjalankan ibadah.

“Bagi para aparat agar dapat memberikan tindakan tegas tanpa pandang bulu kepada siapa saja yang merusak, mengganggu ataupun melecehkan pelaksanaan ibadah kaum muslimin dalam bulan suci Ramadhan, ”ucap Basmin Mattayang.

Selain menyampaikan himbauan, Bupati Luwu juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus Masjid Agung Kabupaten Luwu yang telah membentuk panitia amaliyah Ramadhan dan menetapkan beberapa program ibadah selama bulan suci Ramadhan.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus Masjid Agung yang telah menetapkan beberapa program untuk peningkatan amalan selama bulan suci Ramadhan, seperti tadarrus Al-Quran setelah menunaikan shalat dhuhur secara berjamaah di Masjid Agung ini, ”lanjutnya.

Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kabupaten Luwu, Nasaruddin mengungkapkan program-program yang telah ditetapkan selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. “Pengurus Masjid Agung telah membentuk panitia Amaliyah Ramadhan, yang bertugas untuk mengatur pelaksanaan shalat tarawih, penerimaan Zakat, Tadarrus Al-Quran, Peringatan Nuzul Quran hingga pelaksanaan shalat Idul Fitri, ”ungkap Nasaruddin.

Ikut pula shalat tarawih berjamaah, Kepala Pengadilan Negeri Belopa, Purwanto S. Abdullah, Danramil Belopa, Kapten Czi Syarifuddin, Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan, Ahyar Kasim, serta Kepala Dinas Perhubungan, Supriadi.(*)

Previous Post Next Post