SPACE PANJANG

 





PALOPO  -  Persiapan pelaksanaan ibadah haji  terus dilakukan oleh Kementerian Agama Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat (16/04/2021). Persiapan dilakukan dengan memberi vaksin covid-19 bagi para Calon Jemaah Haji (CJH) yang telah berusia lanjut atau Lansia di atas 60 tahun

Bagian Pengelola Haji Dinas Kesehatan Kota Palopo,  Angraini Tetelepta, mengatakan Vaksinasi covid-19 bagi CJH merupakan syarat dari pemerintah Arab Saudi untuk dapat menjalankan ibadah haji meski hingga saat ini pemerintah kerajaan Arab Saudi belum memastikan adanya perjalanan ibadah haji tahun ini.

“Hari ini vaksinasi covid-19 bagi CJH merupakan dosis kedua, sebanyak 31 orang CJH divaksin, masing-masing 24 orang CJH reguler,  3 orang CJH reguler luar dan 4 orang dari ONH plus semuanya berusia lanjut,” kata Angraini, saat dikonfirmasi, Jumat.

Lanjut Angriani, untuk vaksinasi covid-19 JCH yang Non Lansia akan dilanjutkan pada Selasa (27/04/2021) dan Kamis (29/04/2021) mendatang.

“Untuk JCH non lansia sebanyak 57 orang akan mendapat dosis kedua pada 2 pekan mendatang,” ucap Angriani.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 hari ini bagi CJH berjalan lancar,  meski dilaksanakan di tengah para CJH menjalani ibadah Puasa Ramadan. Mereka berharap dapat menjalankan ibadah haji tahun ini setelah tahun lalu sempat tertunda karena pandemi covid-19.

“Puasa tidak mempengaruhi sama seperti biasa saat menerima dosis pertama, semoga dengan vaksinasi ini kami akan berangkat menjalankan ibadah haji setelah sempat etrtunda tahun lalu karena korona,” ujar Muhammad Safriyatim, calon jemaah haji.

Juru bicara Satgas covid-19 Kota Palopo, dr Ishaq Iskandar mengatakan jumlah warga yang terpapar covid-19  terus mengalami penurunan.

“Dari jumlah kasus positif covid-19 sebanyak 1.371 orang, kini tersisa 6 orang,  dengan jumlah angka kesembuhan sebanyak 1.312 orang dan meninggal dunia sebanyak 53 orang. 6 orang yang masih positif covid-19 kini menjalani isolasi mandiri 3 orang dan 3 orang dirawat di rumah sakit,” ucap Ishaq.

Previous Post Next Post