Kasus Covid-19 di Luwu Utara Terus Melandai, Ini Indikator Penanganannya

LUWU UTARA - Program vaksinasi COVID-19 terus berjalan, penanganan wabah COVID-19 di Luwu Utara mulai memperlihatkan progress yang sangat menggembirakan, hal ini dibuktikan dengan tingginya angka kesembuhan yang kini mencapai 95,42%, kemudian diikuti angka reproduksi virus Rt di bawah 1 persen selama sudah satu pekan terakhir di minggu kedua Maret 2021. Pun tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit kurang dari 2,86%.

“Pertumbuhan kasus COVID-19 dengan Rt kurang dari 1 persen dalam sepekan terakhir ini tentu sangat menggembirakan,” kata Juru Bicara (Jubir) Penanganan COVID-19 Kabupaten Luwu Utara, Komang Krisna, Sabtu (13/3/2021), di Masamba. Komang mengatakan, semua indikator penanganan COVID-19 kini memperlihatkan progres yang menggembirakan, kecuali pada indikator angka positif rate yang masih berkisar di angka 13%. 

“Indikator yang masih perlu ditangani secara serius adalah menurunkan angka positif rate, dari 13% menjadi 5%, sesuai standar WHO, tentu dengan cara peningkatan kemampuan tracing surveilans dan testing,” jelas Komang. Hal lain yang diungkap adalah kasus aktif kini tersisa 15 kasus atau sekitar 1,12% saja, yang ditunjang dengan tingginya angka kesembuhan yang kini mencapai 95,42%. “Saya kira ini indikator yang baik dalam penangan COVID-19 di Luwu Utara dalam aspek 3M atau 5 M,” tandas Komang.  

Sampai hari ini, Sabtu 13 Maret 2021, kasus COVID-19 sudah mencapai 1.334. Rinciannya,  1.273 sembuh, 14 isolasi mandiri, satu dirawat di RS, dan 46 meninggal dunia. Hari ini, ada penambahan satu kasus baru, tapi ada 7 orang dinyatakan sembuh. Untuk peta zonasi Luwu Utara, tak ada lagi kecamatan zona merah, dua kecamatan zona orange, 10 zona kuning, dan empat zona hijau. Sementara Satgas Covid-19 Luwu Utara masih menunggu pemetaan zonasi epidemi dari Pemprov Sulsel. Satgas optimistis, Lutra segera masuk zona kuning. (LH)

Previous Post Next Post