24 Jemaah Calon Haji Luwu Utara Mulai Disuntik Vaksin Covid-19
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU UTARA - Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Luwu Utara mulai melakukan vaksinasi COVID-19, Kamis (25/3/2021). Dari pantauan media ini, ada 24 JCH asal Kecamatan Masamba mendatangi Puskesmas Masamba untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Terlihat beberapa di antaranya datang didampingi keluarga. Mengingat sebagian besar JCH adalah kelompok lansia. Salah seorang Pengelola Haji Puskesmas Masamba, Ani Sumadi, menyebutkan, khusus di Masamba ada 24 JCH yang akan disuntik vaksin.

“Sesuai data yang kami terima, khusus Kecamatan Masamba, ada 24 orang yang masuk daftar berangkat yang akan divaksin, dan sebagian besar adalah lansia,” sebut Ani. Ani mengatakan, JCH lansia ini baru menerima suntikan dosis pertama per hari ini, 

“Nanti setelah 28 hari, mereka akan menerima suntikan vaksin dosis kedua,” ucap dia. Ani menambahkan, sebagian besar dari lansia berumur 60 tahun ke atas, sehingga proses skrining tetap harus dilalui dengan sangat ketat, dan atas rekomendasi dokter.

JCH yang melakukan vaksin COVID-19 terlihat begitu antusias. Meski sebagian besar didampingi pihak keluarga, tapi mereka terlihat sehat dan bugar. Kebanyakan dari mereka terlihat santai, sesekali berbincang satu sama lain dengan wajah penuh senyum.

Untuk diketahui, Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan pelaksanaan ibadah haji 2021. Sebagai antisipasi jika Arab Saudi membuka pelaksanaan haji, JCH Indonesia sudah siap jika Arab Saudi memberlakukan sertifikat vaksinasi sebagai syarat haji. (LH)

Previous Post Next Post