Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, KPU Luwu Utara Batasi Jumlah Peserta

SPACE PANJANG

 





LUWU - Rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara terpilih, digelar dengan pembatasan jumlah peserta. Rapat pleno ini diatur dalam PKPU No 13/2020 tentang Pilkada Serentak.

Plh Ketua Komisioner KPU Luwu Utara (Lutra) Divisi Data Perencanaan dan Informasi, Supriadi bersama Rahmat, selaku Divisi Parmas dan Syabil, Divisi Hukum, membuka rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Lutra terpilih, berlangsung di Aula Demokrasi lantai 2 Kantor KPU, Rabu (17/2/2021).

"Pleno ini tak berbeda jauh dibanding saat pengundian nomor urut pasangan Bupati dan Wakil Bupati," ungkap Supriadi.

Menurut Supriadi, pada rapat pleno itu, hanya dihadiri tiga komisioner KPU Lutra, pasangan bupati-wakil bupati, tim pasangan calon dan dua anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lutra, serta hadir pula Ketua DPRD Lutra Basir, Kapolres Lutra AKBP Irwan Sunuddin, Kajari Haedar, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua dan Sekretaris partai pengusung dan tim kampanye pasangan calon.

"Regulasinya sama saat pengundian nomor urut pasangan calon. Rapat pleno penetapan Bupati-Wakil Bupati terpilih dilaksanakan secara tertutup dengan pembatasan jumlah peserta. Hal ini bagian dari upaya pencegahan pandemi Covid-19," katanya.

"Dan saya mengapresiasi para stakeholder yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Luwu Utara dan tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi dan memenuhi target nasional," sambungnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lutra, Syabil mengatakan, secara umum pelaksanaan tahapan lanjutan pilkada berjalan lancar di tengah pandemi Covid-19. Tingkat kepatuhan pemilih dalam menjalankan protokol kesehatan di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) cukup tinggi. 

Sebelumnya, KPU Lutra telah merampungkan pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Lutra. Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati, Indah Putri Indriani-Suaib Mansur, unggul dengan perolehan suara 80.078 atau 45,13 persen. 

Sementara pasangan Muh Thahar Rum-Rahmat Laguni, meraup 49.819 suara atau 28,08 persen serta pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma peroleh 47.515 suara atau 26,78 persen. (ben)

Previous Post Next Post