Inspirasi Timur

 




TORAJA UTARA - Gubernur Sulawesi Selatan Prof. H.M Nurdin Abdullah tinjau langsung pembangun jalan penghubung Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu, Rabu (30/09/2020).

Dikatakan gubernur Sulawesi Selatan bahwa pembangunan jalan ini merupakan program dari tahun 2019 yang menghubungkan Bandara Bua Kabupaten Luwu dengan Rantepao.

"Ini kita lakukan karena memang jalurnya tidak terlalu extrim dan jaraknya juga lebih dekat," kata Prof Nurdin Abdullah, Rabu (30/09/2020).

Saat ini jalur trans yang menghubungkan Palopo Toraja Utara terputus, oleh karena itu kami sangat berterima kasih kepada bapak menteri PU yang akan menyelesaikan jalan ini.

"Tahun kita akan selesai 22 KM, ini penting sekali karena turis-turis ke Toraja lebih dekat, dan kita berharap jalan ini dapat selesai tahun depan sehingga akses jalan Rantepao - Luwu Raya bisa terbuka," ungkapnya.

Menurutnya, dengan terbukanya akses jalan ini, akan berdampak pada masyarakat yang ada di sepanjang daerah ini masyarakat bisa mendapatkan peningkatan kesejahteraan. 

"Tentunya prodak-prodak hasil pertanian, mereka sudah lebih mudah di akses ke pasar dan yang lebih penting lagi Toraja dan Luwu raya ini miliki pontensi yang sangat besar," tuturnya.

Ia juga menambahkan jika akses ini selesai turis-turis yang ada di Toraja lebih mudah datang ke luwu, Palopo menikmati daerah pantai.

"Jadi ini sebuah akselerasi yang sangat bagus dan harapan kita mudah-mudahan 2021 jalan ini semua tuntas karena setelah jalan Rantepao Palopo terputus ini akan menjadi jalan pengantin, dan kita telah menyerahkan akses jalan ini ke menteri PUPR untuk menjadi jalan Nasional," tambahnya.

Diketahui, pembangunan jalan tersebut untuk tahap awal dengan lebar 7 meter, gubernur Sulawesi Selatan berharap semoga tahun ini bisa dimanfaatkan dan tahun depan jalan Rantepao Luwu ini dapat diselesaikan.

Previous Post Next Post