Nurdin Abdullah, Tinjau Lokasi Pengerjaan Jalan Menuju Objek Wisata

SPACE PANJANG

 






TORAJA UTARA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah meninjau pelebaran jalan penghubung torja utara, di Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Kamis (01/10/2020).

Nurdin Abdullah mengatakan bahwa wilayah Toraja daerahnya sangat indah, sejuk dan memiliki alam luar biasa, namun infrastruktur jalan menuju kawasan wisata rusak.

“jadi orang yang berkunjung ke Toraja mungkin bisa ditempuh lebih cepat, tetapi akses menuju kawasan wisata menghabiskan waktu di jalan karena kondisi jalan yang rusak,” katanya.

Untuk itu di tahun 2019 Pemprov Sulsel mulai mendorong infrastruktur jalan dan tahun ini diharapkan 40 persen akses jalan ke kawasan wisata dituntaskan.

“Tahun depan harapan kita bisa selesai 70 persen, pengadaan jalan ini sangat penting karena Toraja salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara," ungkapnya

Ia menambahkan bahwa kemampuan pemerintah daerah Tana Toraja dan Toraja Utara sangat terbatas, untuk itu diperlukan dukungan dari provinsi maupun pusat. 

"Kita bersyukur tahun ini kita mendapatkan program jalan daerah,” tambah Gubernur.

Menurut Nurdin bahwa potensi wisata di Toraja sangat besar, dan pemerintah telah membuka pintu melalui akses transportasi udara. 

"Bandara udara telah selesai, dan kita backup juga bandara Bua dan akses jalan dari Toraja Utara - Luwu tahun depan akan kita tuntaskan sehingga turis- turis bisa memilih akses ke toraja," tuturnya

Pemerintah akan terus menggenjot infrastuktur jalan menuju kawasan wisata karena masih banyak jalan yang hancur dan sempit.

"Mudah-mudahan kita bersama-sama baik Kabupaten, provinsi maupun pusat bisa menuntaskan akses jalan menuju kawasan Wisata," ujar Nurdin.

Usai meninjau lokasi, Nurdin Abdullah beserta rombongan menyempatkan istirahat dan salat di Hotel Mentirotiku dan disambut dengan tarian adat dan pemberian kain tenun.

Previous Post Next Post