Luapan Sungai Lamasi Rendam Ratusan Rumah di Dua Desa

SPACE PANJANG

 




 


LUWU  – Ratusan rumah  di dua desa di kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu,  Sulawesi Selatan, Jumat (11/09/2020) siang terendam banjir. Kedua desa tersebut yakni Desa Pompengan Tengah dan Desa Pompengan Pantai.

 



Kepala Desa Pompengan Pantai, Rustan mengatakan banjir diakibatkan jebolnya tiga titik tanggul Sungai Lamasi setelah diguyur hujan deras sejak Jumat (11/09/2020) dini hari tadi dengan ketinggian banjir mencapai satu meter.

“Jalan penghubung antar desa terendam banjir sepanjang 2 kilometer yang membuat aktivitas warga lumpuh, selain itu permukiman, kantor desa, Puskesmas pembantu dan perkebunan warga ikut terendam,” kata Rustan, saat dikonfirmasi di lokasi.

Menurut Rustan, sebanyak 250 Hektare areal persawahan yang sudah ditanami padi terendam banjir, sementara tanaman Kakao sebanyak 100 hektar ikut terendam, termasuk tanaman Jagung sebanyak 50 hektare yang terendam.

“Tanaman padi warga yang baru berumur dua bulan dan sudah mulai mengeluarkan bulir semuanya terendam, petani gagal panen,” ucap Rustan.

Dalam kejadian ini terdapat tiga unit rumah yang rusak dari 150 rumah yang tergenang banjir di Desa Pompengan Tengah.

“Saat ini ada 3 unit rumah warga yang rusak akibat banjir, warga saat ini menumpang di rumah keluarganya untuk sementara waktu,” ujar Rustan.

Previous Post Next Post