Melalui PKM, Fakultas Bahasa dan Sastra UNM Gelar Pelatihan Pengucapan English Vowels, ini Tujuannya

SPACE PANJANG

 






GOWA - Dosen Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar  melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa pelatihan pengucapan English Vowels kepada siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa pada Minggu, 30/08/2020.

Kegiatan PKM ini bertujuan memperkenalkan English Vowels kepada siswa SMP Negeri  1 Sungguminasa yang juga aktif di kegiatan ekstrakurikuler sekolah ‘English Area’.

English Vowels dipilih sebagai bahan PKM karena perbedaan yang cukup jauh antara bunyi huruf vokal pada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan hal inilah yang membuat banyak orang berpikir bahwa Bahasa Inggris sulit.

Jadi diharapkan dengan melalui kegiatan ini para siswa bisa mengenali mengapa dalam bahasa Inggris satu huruf yang sama bisa diucapkan dengan bunyi yang berbeda.

“Melalui kegiatan PKM ini, kami ingin memperkenalkan English vowels yang bunyinya bisa berbeda ketika digunakan pada kata yang berbeda. Kami mengajarkan bunyi tersebut dalam kata untuk pelatihan ini mengingat level siswa yang merupakan siswa SMP. Kami berharap para siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa yang berpartisipasi dapat memperoleh manfaat sesuai dengan tujuan pelaksanaan kegiatan ini,” kata Nur Fitri, ketua PKM.


“Awalnya kami berencana melakukan kegiatan ini dengan proses tatap muka, tetpai karena sekarang kondisi tidak memungkinkan, kegiatan kami lakukan secara daring. Kami sempat khawatir apakah peserta akan aktif selama pelatihan, mengingat kami hanya akan bertemu lewat duni maya. Tapi Alhamdulillah, peserta cukup antusias selama kegiatan berlangsung. Mereka tertarik untuk mempraktekkan setiap bunyi yang kami ajarkan dan mengucapkan kata yang kami tampilkan di slide presentasi,” lanjut Nur Fitri.

MaghfiraTul Inayah, salah seorang peserta pelatihan, mengatakan bahwa dia mendapat ilmu baru lewat pelatihan ini. Dia baru tahu bahwa bunyi dalam huruf vokal bahasa Inggris ada yang panjang da nada yang pendek. Walau itu menjadi kesulitan tersendiri baginya, dia senang karena kini pengetahuannya tentang bunyi dalam Bahasa Inggris bertambah.

Rifial Rifandi, S.Pd., salah satu guru pendamping dari SMP 1 Sungguminasa, mengucapkan terima kasihnya kepada tim PKM yang telah memberikan pelatihan. Dia merasa senang karena siswa-siswanya mendapatkan pengetahuan baru dan juga suntikan motivasi melalui kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih, Mam, telah menambah ilmu dan motivasi anak-anak kami,” tulisnya melalui pesan WA.

Previous Post Next Post