Media Centre Satgas Covid-19 Tana Toraja Umumkan 1 Kasus Baru terkonfirmasi Positif Covid-19




TANA TORAJA - Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan 1 kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di wilayah kabupaten Tana Toraja. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, Mariana Belo, SKM, Selasa (23/06/2020).

"Satu kasus baru (kasus 08) terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM). Kasus Positif 08 terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut adalah Laki-laki, 45 tahun, Alamat Lembang Gandangbatu Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Kasus Positif 08 ini dinyatakan telah meninggal dunia dan diketahui memiliki gejala sakit penderita Covid-19 dan memiliki riwayat perjalanan dari daerah Zona Merah (Makassar)," kata Mariana.

Menurut Mariana, berdasarkan hasil tracing terhadap riwayat perjalanan kasus 08 ini, diketahui baru saja kembali dari Makassar dan tiba di Tana Toraja pada tanggal 15 Juni 2020 dan tidak melapor ke Petugas Puskesmas dan Pemerintah setempat. 

"Setelah beberapa hari di rumah pasien mulai sakit dan melapor ke Pemerintah setempat, Pemerintah setempat lalu berkomunikasi dengan petugas kesehatan dan petugas kesehatan mengunjungi dan memberi obat pada Sabtu, (20/06/2020). Pasien meninggal dunia, Senin (22/06/2020) malam," ucap Mariana. 

Lanjut Mariana, Tim Satgas melakukan pengambilan sampel cairan tenggorokan untuk pemeriksaan dengan metode TCM dengan hasil positif Covid-19. Dasar inilah sehingga Satgas Covid-19 Tana Toraja melakukan penguburan dengan protokol Covid-19.

"Dengan diumumkannya 1 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 8 kasus terkonfirmasi positif dimana 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Satu pasien dirujuk ke makassar dan kasus yang terakhir dinyatakan meninggal dunia," ujar Mariana.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans. Tracing ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat. Petugas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan disekitar rumah pasien 08 yang meninggal dunia tersebut.

Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, saat keluar rumah menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.

Previous Post Next Post