Bandara Buntu Kuni (BBK) Tana Toraja Bakal Berganti Jadi Toraja Air Port, Nama Itu Disepakati Para Pihak




TANA TORAJA - Bandar Udara (Bandara) Buntu Kuni, Tana Toraja, Sulawesi Selatan bakal berganti nama menjadi Toraja Air Port. Hal itu sudah menjadi kesepakatan melalui pertemuan antara Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja dengan tokoh adat dari 19 kecamatan di Sahid Toraja Hotel, Kamis (22/5/2020).
Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara (VDB), mengatakan dua nama bandara yang dimusyawarahkan untuk ditetapkan yakni Toraja International Air Port dan Toraja Air Port.
“Sebelumnya mencuat dipertemuan Bapemperda DPRD Tana Toraja dengan UPBU Bandara Pongtiku, selain Toraja International Air Port juga Toraja Air Port, namun dipertemuan lanjutan di Sahid Toraja Hotel banyak nama yang mencuat diusulkan tokoh adat perwakilan 19 kecamatan yaitu Toraja Air Port  nama yang disepakati  dan sangat identik dengan kearipan lokal Toraja,” kata Victor, Kamis (21/05/2020).
Sementara gelar adat yang akan dianugrahkan kepada Presiden Jokowi yakni “Turiganna Gayanglangi Tarapangna To Palulungan Sangulele” atau Pemimpin yang dianugrahi Tuhan, bijak, berkhidmat, tegas, adil, dan pengayom masyarakat, dalam kesatuan Republik Indonesia.
Wabup Victor Datuan Batara, kepada awak media katakan, nama dan gelar adat sudah disepakati, dan segera diajukan ke DPRD Tana Toraja untuk mendapatkan persetujuan

Previous Post Next Post