SDC Morowali Tingkatkan Skill SDM Berbasis Masyarakat Desa Wisata di Kawasan Konservasi Sombori
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


MOROWALI - Lembaga Sombori Diving Club (SDC Morowali),  mendapatkan rekomendasi dan kepercayaan penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali dalam melakukan kegiatan inovasi pelatihan peningkatan skill SDM berbasis masyarakat desa wisata di Kawasan Konservasi Sombori. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka menunjang kelancaran aktivitas Lembaga konservasi  dalam melaksankan program kerja Panjang untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut. 

Berangkat dari isu tentang lingkungan yang berkembang hari ini, semakin membuat bumi hari ini sedang tidak baik-baik saja. Berdasarkan KEPMEN KP NOMOR 52 Tahun 2019 tentang zonasi wilayah konservasi dimana PEMDES khususnya pulau yang masuk dalam wilayah zona pemanfaatan harus lebih serius lagi dalam menangani pengawasan, pelestarian ekosistem laut, biota dilindungi dan terancam punah.

Sesuai schedule dan rekomendasi yang telah diberikan bupati kepada Lembaga “ Sombori Diving Club” (SDC MOROWALI) telah mempersiapkan beberapa inovasi pelatihan skill masyarakat desa khususnya desa yang termasuk dalam Kawasan konservasi sombori (Desa Mbokita, Desa Matarape, Desa Dongkalan, Desa Tanjung Tiram, Desa Tanjung Harapan, Desa Pulau Dua Laut). 

Ketua umum SDC MOROWALI Kasmudin S.Pi, M.Si , Bersama jajaran pengurusnya bersepakat untuk membentuk panitia khusus untuk keliling pulau selama kurang lebih 1 (satu) bulan. 

Adapun materi pelatihan yang akan diberikan kepada delegasi PEMDES yakni : Pelatihan dasar tentang selam, Pengetahuan tentang ekosistem dan biota dilindungi, Teknik rehabilitasi kembali ekosistem terumbu karang (Transpalasi terumbu karang). Kegiatan yang akan berlangsung selama 1 (satu) bulan nanti akan melibatkan beberapa instasi terkait yakni, Dinas Kelautan Perikanan Daerah, Dinas Pariwisata, Dan Dinas Lingkungan Hidup. Rencananya pembukaan kegiatan ini akan dilakukan pada tanggal 8 februari 2020, di Aula Kantor Desa Mbokita, Kecamatan Menui, Kepulauan Sombori.

“Kegiatan peduli lingkungan konservasi berbasis masyarakat desa wisata ini merupakan langkah-langkah dalam upaya menjaga serta melestarikan wilayah Kawasan konservasi sombori, agar kedepannya seluruh masyarakat bisa lebih cinta terhadap kelestarian laut Morowali” Pungkas Kasmudin.(ADV/IKB)
Previous Post Next Post